Petani Millenial DIY Pelopori Pembangunan Kandang Drive Thru

Teras Malioboro News — Mengantisipasi penularan penyakit hewan yang menimpa  sapi dan kambing seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) serta penyakit  hewan lainnya,  Kelompok Petani Millenial Korwil DIY membangun kandang hewan ternak sistem drive thrue di Desa Wonocatur, Banguntapan Bantul.  Di Kawasan yang luasnya sekitar 1000 meter persegi ini, para  pengunjung dapat membeli  hewan tanpa harus  menyentuh  hewan dan turun dari kendaraan.

Peresmian Kandang Drive Thrue ini  dilakukan Jumat ( 23/6/2023 ) yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Pertanian DIY Ir.Sugeng  Purwanto MMA

Ketua Petani Millenial DIY. Muh.Lukman Hakim menjelaskan, pendirian kandang ternak  dengan system   drive thrue ini didasari keprihatinan   atas  maraknya penyakit  menular  yang menimpa sapi, kambing dan hewan lainnya. Oleh karena itu, muncul gagasan untuk mendirikan kandang hewan yang higienis bagi para peternak.

“ Kebetulan ide kami ini disambut baik oleh sejumlah pihak termasuk Dinas Pertanian DIY dan Dinas Pertanian Kabupaten Bantul. Maka kami dirikan , dengan mengambil moment jelang Iedul Adha. “ ujar Lukman kepada wartawan disela-sela kegiatan peresmian.

Kepala Dinas Pertanian DIY Ir.Sugeng Purwanto melakukan pemotongan pita tanda dimulainya operasionalisasi kandang ternak drive thru

Baca Juga : Makna Idul Adha

Ditambahkan Lukman,  kandang  ternak drive thrue ini merupakan sebuah kandang percontohan , sehingga sengaja dibuat dalam skala yang tidak terlalu besar. Jika  hasilnya menguntungkan, nantinya akan dibuat kandang serupa di daerah lain.

Di kandang ini terdapat sebanyak 70 hewan ternak yang dipasok dari  dari para peternak di berbagai daerah. Oleh karena itu, pendirian kandang drive thrue ini sekaligus sebagai upaya membantu pemasaran hewan dari para  peternak yang sudah mendekati Hari Raya Qurban, hewan mereka belum terjual.

Pendirian kandang drive thrue ini juga sebagai sarana edukasi bagi peternak bahwa  higienitas hewan sangat perlu, agar tidak terjangkit penyakit menular dari hewan lain.  Sebab, salah satu cara penularan penyakit menular hewan adalah melalui kontak fisik antar hewan yang ditularkan melalui sentuhan tangan.

Disamping itu, kandang drive thrue ini juga bisa menjadi solusi bagi para  peternak yang  menginginkan titip hewan, sehingga mereka tidak perlu membangun kandang sendiri.

Baca Juga : Advanta Kembangkan Jagung Ketan Ungu Varietas Unggul Kualitas Tinggi

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian DIY  Ir. Sugeng  Purwanto MMA  menambahkan,   penyebaran PMK ini sangat masif. Selain melalui sentuhan,  penyebaran PMK juga bisa melalui udara.  Oleh karena itu gagasan  Petani Millenial DIY ini dinilai sebagai sebuah ide yang sangat brillian.

”  Momentum peresmian ini memang kami sepakati untuk dipercepat , mendekati hari raya Idul Qurban. Oleh karena itu, siapapun shohibul qurban yang menginginkan untuk membeli hewan qurban dapat diarahkan ke tempat ini. ” ujar Sugeng.

Baca Juga : Pertama Diluncurkan Di Indonesia, Benih Jagung Bioteknologi Dengan Keunggulan Ganda

Ditambahkan Sugeng, jika  kali ini Kandang Drive Thrue dibangun di wilayah Bantul, salah satu alasannya karena Bantul merupakan daerah dengan jumlah penyembelihan hewan tertinggi se DIY.  Oleh karena itu pihaknya menyarankan agar di Bantul juga mulai  diinisiasi adanya  ”breeding ” hewan ternak agar populasi  ternak di DIY tidak  punah.

Sedangkan untuk transaksi  jual beli, disarankan juga untuk bekerjasama dengan Bank Indonesia  sehingga nantinya  pembeli tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Karena membawa uang tunai dalam jumlah besar sangat beresiko baik bagi penjual maupun pembeli. (*)

Komentar