Sultan HB X : Maraknya Bencana , Pertanda Alam Mencari Manusia.

Headline1, Jogja Raya127 Dilihat

Teras Malioboro News — Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan,  maraknya  bencana banjir di berbagai tempat menunjukkan alam sedang berusaha  mencari manusia yang telah merusak alam.Untuk itu, perlu adanya kesadaran untuk kembali menjaga kelestarian alam berdasarkan filosogi Mamayu Hayuning Bawono.

“  kalau kita lihat banjir di manamana di youtube dan sebagainya, sekarang yang terjadi alam sedang mencari  manusia,  kan begitu.  Karena  manusia yang merusak alam  maka sekarang alam mencari manusia. “ ujar Sri Sultan dalam  acara Syawalan di Balaikota Jumat (19/4/2024).

Selanjutnya Sultan menyampaikan,  filosofi Mamayu Hayuning Bawono yang kemudian diterima oleh Unesco merupakan salah bagian dari menjaga alam. Filosofi warisan  leluhur yang di Yogyakarta sudah dilakukan sejak 1755 ini sekarang sudah diterima dan diterima oleh Unesco.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X

Baca Juga : Sultan : Hentikan Aktifitas Pertambangan Di Kawasan SG

Sehubungan dengan hal tersebut, sekarang ini Pemda DIY  secara bertahap menindak lanjuti secara teknis dengan menyusun aturan  dan surat keputusan .  Sebab, pengakuan filosofi ini merupakan hal yang  pertama dilakukan oleh Unesco mengingat sebelumnya pengakuan ini hanya berlaku terhadap bangunan-bagunan heritage.

Oleh karena itu, Sultan berharap  dengan adanya pengakuan ini maka jajaran Pimpinan  Kepala Daerah di wilayah  Kabupaten dan kota   melalui strategi  menata kawasan  termasuk pengelolaan  sampah  yang saat ini menjadi permasalahan masyarakat.

Sementara itu, Pejabat Walikota Singgih Raharja  mengungkapkan,  moment Idul Fitri ini akan menjadi cambuk semangat bagi jajaran Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Meski demikian, diakui selama ini masih ada sejumlah kekurangan yang selalu dievaluasi dan akan terus ditingkatkan.  Terhadap segala saran dan masukan dari Gubernur DIY,  Singgih  menyatakan akan melaksanakannya dengan sepenuh hati.  (*/)

Komentar