3 Perguruan Tinggi Vokasi di Jogja Jalin Kemitraan Dengan Dunia Usaha dan Pemda  DIY

Headline1, Pendidikan261 Dilihat

Teras Malioboro News – Sebagai upaya mewujudkan  keseimbangan dunia pendidikan dan dunia usaha, 3 Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) di DIY yang terdiri dari Sekolah Vokasi UGM, Fakultas Vokasi UNY dan Akademi Komunitas Negeri Seni Budaya (AKN SB ) Yogyakarta menjalin  kerjasama kemitraan   Vokasi –  Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI )  dengan Pemda DIY

Peluncuran kerjasama tersebut dilakukan pada Rabu (20/9/2023 ) bertempat di Ballroom Teaching Industry Learning Center Sekolah Vokasi UGM yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D.  selaku Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI  yang  dilanjutkan dengan diskusi interaktif  dengan beberapa narasumber, Robby Kusumaharta (Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan KADIN DIY), Aria Nugrahadi, S.T., M.Eng. (Kepala Disnaker DIY), dan Dr. Didik Wardaya, S.E., M.Pd. (Kepala Disdikpora DIY).

Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D. selaku Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI), menyampaikan, kebijakan  Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbudristek Dikti  secara langsung maupun tak langsung telah membuka sekat-sekat kelembagaan antara Perguruan Tinggi Vokasi dengan dunia industri.  Terlebih lagi,  memasuki era disrupsi  banyak hal yang telah berubah sehingga PTV  perlu menyesuaikan diri dengan dunia luar.

“  Banyak pertanyaan yang muncul  sehubungan dengan hal ini, tetapi setidaknya kita bisa memulai dengan satu langkah kecil (yaitu) sinergi. “ ujar Uuf dalam sambutannya .

Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D. selaku Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI

Baca Juga : AKN SB Yogya Wisuda 57 Orang Mahasiswa Program D1

Ditambahkan Uuf, Program kerjasama PTV dengan dunia usaha  ini didanai oleh LPDP selama 3 tahun  dengan skema dana penelitian  sehingga nanti dapat melahirkan sejumlah inovasi  yang relevan dengan kebijakan masing-masing daerah.

Oleh karena itu, program ini diluncurkan dengan semangat kolaborasi  sehingga pihaknya meminta agar para pengelola PTV dapat duduk bersama sehingga langkah awal ini diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang lebih besar.

Adapun realisasi dari program ini  bisa dilakukan melalui  sebuah penelitian dan yang kedua melalui perencanaan inovasi.  Untuk itu perku adanya sinergi antar PTV  dan nantinya melibatkan   kelompok pemangku kepentingan lainnya seperti industri, KADIN dan lain-lain.

Program ini mencakup 27 propinsi sehingga nantinya akan muncul beberapa kelompok daerah. Ditargetkan untuk tahun pertama ini sudah muncul potret masing-masing wilayah sehingga arah Pendidikan vokasional dapat ditentukan.

Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Vokasi UGM Dr.Wiryanta ST, MT dan Koordinator Tim Riset AKN SB Rais Faisal Ahyar , ST. M.Eng.

Baca Juga : Pendaftar  Calon Mahasiswa AKN Senbud Yogyakarta Meningkat 300 Persen.

Sementara itu, Koordinator Tim Riset  Akademi Komunitas Negeri Seni Budaya  Yogyakarta   Rais Faisal Ahyar  ST. M.Eng. menyampaikan, sebelum peluncuran secara resmi kerjasama antara PTV dengan dunia industri ini diawali dengan sebuah diskusi panjang antar pengelola lembaga PTV.  Jika kemudian terpilih 3 PTV hal itu semata-mata karena 3 PTV ini yang dinilai siap untuk menjalankan program yang diamanatkan  oleh pemerintah.

”  Dari hasil diskusi antara  3 PTV ini ternyata ditemukan banyak potensi  yang bisa dikerjasamakan.  Misalnya untuk yang berkaitan dengan seni budaya,  dapat diisi oleh kami yang memang  fokus dibidang seni dan budaya. Begitu juga  sebaliknya, sehingga identitas lokalitas itu akan muncul. ” ujar Rais.

Ditambahkan Rais, melalui  kerjasama ini nantinya bertujuan untuk menggerakkan  dan memajukan perekonomian di Yogyakarta, sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat tururt serta berperan untuk menekan angka kemiskinan masyarakat.

Sedangkan Wakil Dekan Sekolah Vokasi UGM  Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dr.Wiryanto ST,MT menyampaikan,  program ini dilakukan untuk menciptakan program yang harmonis secara untuk menciptakan ekosistem  sehingga tercipta suasana yang ideal.  Oleh karena itu,  kegiatan kemitraan  ini dimaknai sebagai sebuah wadah kerjasama antar stake holder  dan  Sekolah Vokasi  mendapat mandat menjadi koordinator program.

“ Kita ini berupaya untuk saling mengisi berdasarkan hasil diskusi  antar para  pengelola aja. ” ujar Wiryanta.  (*/)

 

Komentar