Berijalan Dan OJK Berikan Literasi Keuangan Kepada Mahasiswa

Kasus Investasi Bodong Makin Marak

Teras Malioboro News – Salah satu entitas anak perusahaan Astra Credit Companies (ACC), Berijalan Digital Operation Center, menyelenggarakan  kegiatan literasi keuangan  untuk mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Mengusung thema  “Pemahaman Literasi Produk Jasa Keuangan Untuk Menghindari Investasi Bodong”, acara dilakukan pada  Selasa (31/10/2023) di Ruang Auditorium Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Turut hadir pada acara tersebut adalah Digital Business Division Head Berijalan David Thamrin, Kepala Bagian Pengawasan IKNB, Pasar Modal dan EPK Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yogyakarta Dinavia Tri Riandari serta Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta Mahestu Noviandra, SE., MSc., Ph.D.

Kegiatan tersebut diselenggarakan karena maraknya investasi bodong  yang memakan banyak korban dan sangat merugikan masyarakat. Apalagi  korban dari kasus investasi bodong ini  sebagian besar menimpa  anak  muda, karena minimnya literasi keuangan.

Menurut data dari OJK, sejak 2017 hingga Agustus 2023, telah ditemukan sebanyak 1.194 entitas investasi ilegal, 5.450 pinjol ilegal dan 251 gadai ilegal. Tercatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal dari tahun 2017 hingga 2022 telah mencapai Rp139,03 triliun.

Baca Juga : Rayakan Hari Batik Nasional, ACC Beri Pelatihan Membatik Untuk UMKM

Di era digital seperti saat ini informasi tentang investasi bodong akan lebih cepat menyebar di masyarakat. Dampak yang ditimbulkan oleh investasi bodong ini juga cukup besar dan juga akan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap produk keuangan.

Digital Business Division Head Berijalan David Thamrin mengatakan, sejalan dengan Bulan Inklusi Keuangan 2023, Berijalan membantu untuk ikut memberikan literasi keuangan kepada para mahasiswa FBE Universitas Atma Jaya Yogyakarta agar mendapatkan pengetahuan mengenai produk keuangan dan investasi.

“Kami berharap dengan literasi keuangan pada hari ini adik-adik mahasiswa dapat mengelola keuangan dengan baik dan sehat serta mendapatkan pengetahuan yang baik mengenai produk investasi yang tepat sesuai kebutuhan sehingga mendapatkan imbal hasil yang baik untuk mendukung masa depan mereka”, ujar David

Baca Juga : Hanya di Bulan September, ACC Berikan Diskon Denda 45 Persen

Lowongan Kerja Mitra Berijalan

David menambahkan, guna membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan, Berijalan membuka peluang kemitraan bagi seluruh lapisan masyarakat di Yogyakarta yang sedang mencari pekerjaan. Berijalan menawarkan sistem kerja secara Work from Office (WFO) dengan sistem pengambilan slot, bekerja dengan waktu yang fleksibel serta lingkungan kerja yang kooperatif dan nyaman.

Adapun kesempatan kerja untuk menjadi mitra Berijalan  adalah  menjadi Telephony Promotion Agent (TEMA), Retail Verification Officer (RVO), Survey by Phone/Survey by Video (SBP/SBV), Auto Asset Verification (AAV), dan juga Desk Telephony Agent (DELTA).

Selain mendapatkan benefit kehadiran, lanjut David,  Mitra Berijalan akan mendapatkan fasilitas kerja yang nyaman dan menyenangkan, mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja serta berkesempatan untuk ikut dalam berbagai acara kebersamaan yang menarik seperti acara musik Berijalan Festival yang menghadirkan artis papan atas seperti seperti Sheila on7 dan beberapa artis lainnya.

” Masyarakat yang ingin menjadi Mitra Berijalan dapat langsung mendatangi Kantor Berijalan yang terletak di Jalan pringgodani No. 1A, Mrican, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta setiap Hari Senin dan Selasa untuk menjalani proses perekrutan.” pungkas David  (*/SDs )

 

Komentar