Ibu PAUD Condongcatur Ingatkan Pentingnya Bercerita Penghantar Tidur

Teras Malioboro News–Ibu PAUD Condongcatur, Dewi Nurlaila S.Pd mengingatkan pentingnya bercerita sebagai penghantar tidur bagi anak-anak.

Bercerita atau mendongeng sebagai penghantar tidur ini, akan menjadi bagian penting bagi pembentukan karakter anak, serta mampu mendekatkan hubungan antara anak-anak dan orangtuanya.

“Gerakan Mari Bercerita Penghantar Tidur (GEMPUR) mengajak orang tua, pengasuh dan pendamping anak usia dini 0-6 tahun untuk bercerita sebelum tidur. Karena kegiatan bercerita memiliki manfaat membangun karakter anak, meningkatkan kecerdasan, menumbuhkan kedekatan dengan anak dan mendukung literasi sejak usia dini,” kata Dewi, saat Pencanangan Gerakan Mari Bercerita Penghantar Tidur (GEMPUR) di masjid Al-Mukhlasin Pringgolayan, Condongcatur, Depok Sleman, Minggu (23/7/2023). Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

Didampingi Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, Dewi mengatakan, sosialisasi GEMPUR dtandai dengan komitmen serentak untuk menyampaikan ajakan mensukseskan “Gempur” dengan berfoto bersama menggunakan simbol salam literasi.

Baca Juga: Semangat Pembauran Dalam Perayaan Pesta Nama di SDK Condong Catur

Acara ini juga bersamaan  dengan  kegiatan  penampilan Grup Hadroh Mahmudah yang dihadiri Penggiat Seni Religi (PASER) Sleman dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman.

Dewi Nurlaila menambahkan, sosialasi GEMPUR ini menindaklanjuti Gernas Baku (Gerakan Nasional Baca Buku). Melalui gerakan ini, PKK Condongcatur mencanangkan gerakan serupa untuk meningkatkan minat baca buku untuk anak usia dini berupa GEMPUR (Gerakan Mari bercerita Penghantar tidur).

“GEMPUR juga bertujuan mengurangi penggunaan gadget pada anak-anak, terutama saat saat menjelang tidur,” imbuhnya.

Sosialisasi GEMPUR selanjutnya akan disosialisasikan kepada PAUD PAUD yang ada di wilayah Kalurahan Condongcatur baik secara formal maupun non formal.

baca juga: Dispar Sleman Gelar Workshop Ekonomi Kreatif

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji mendukung kegiatan ini, karena jika rutin membacakan anak cerita sebelum tidur mempunyai berbagai manfaat seperti akan membangkitkan minat baca sampai mempererat hubungan orangtua dan anak serta dapat mempercepat kemampuan berbahasanya

“Mari kita sukseskan bersama untuk mewujudkan calon generasi hebat Condongcatur dan Indonesia,” kata Reno. (suwarjono)

Komentar