Kirab Gunungan Semarakkan Winongo River Festival 2024

Teras Malioboro News — Winongo Jogja River Festival #2 kembali digelar pada Sabtu (20/7/2024) pagi di bantaran Sungai Winongo.

Upacara adat tersebut merupakan wujud syukur dan upaya dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan sungai.

Winongo Jogja River Festival #2 dimulai pada pagi hingga pukul 23.00 WIB yang juga dimeriahkan dengan berbagai lomba tradisional di bantaran Sungai Winongo serta pentas seni budaya.

Kepala Bidang Daya Tarik Pariwisata Dispar Kota Yogyakarta, Yurnelis Piliang mengatakan, Winongo Jogja River Festival #2 bertujuan untuk mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan bantaran Sungai Winongo, sekaligus juga merupakan sarana edukasi kepada masyarakat agar ikut menjaga lingkungan sungai.

Baca Juga : Hemat Energi dan Ramah Lingkungan, Pertagas Niaga Sukses Uji Coba Jargas di Kota Solo

“Adanya festival ini juga ingin mengajak masyarakat untuk ikut menjaga sungai, sehingga kebersihan kawasan sungai di Kota Yogya juga semakin terjaga. Dengan dampak yang lebih luasnya lagi juga bisa memunculkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan sungai,” ujarnya.

Baca Juga :DLH Kota  Yogyakarta Bagi-Bagi Kompos Secara Gratis. Siapa Berminat ? 

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Winongo Asei, Purnomo menyatakan kehadiran Winongo Jogja River Festival yang sudah memasuki tahun kedua ini, menjadi harapan besar agar dampaknya dapat dirasakan langsung pada kondisi sungai yang semakin terjaga kebersihannya.

“Ketika ada festival ini otomatis masyarakat juga ingin terlibat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian sungai, karena di masa sebelumnya memang masih ada masyarakat di kawasan bantaran sungai yang membuang sampah sembarangan, memanfaatkannya sebagai MCK dan kurang mengindahkan kebersihan lingkungan sekitar, ” tandasnya. (*)

Komentar