Ayat-Ayat Tentang Perintah Bersabar

Oleh : Ustadz Sujarwo

Oase259 Dilihat

Teras Malioboro News – Bersabar itu adalah mampu menerima kejadian yang tidak enak atau tidak kita inginkan dengan ikhlas. Semata-mata karena Allah. Semata-mata karena menjalankan perintah Allah. Semata-mata karena ingin mewujudkan keinginan Allah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. 2 : 153)

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. 2 : 45)

“Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan. Dialah hakim yang terbaik.” (QS. 10 : 109)

“Dan sungguh, Kami benar-benar akan menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar di antara kamu.” (QS. 47: 31)

“Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikutnya yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.” (QS. 3 : 146)

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan waspadalah, serta bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (QS. 3 : 200)***

Komentar