Ayat-Ayat Tentang Perintah Bersabar

Oleh : Ustadz Sujarwo

Oase383 Dilihat

Teras Malioboro News – Bersabar itu, mampu menerima kejadian yang tidak enak dan tidak kita inginkan dengan ikhlas. Semata-mata karena Allah. Semata-mata karena menjalankan perintah Allah. Semata-mata karena ingin mewujudkan keinginan Allah.

Seperti  sehelai daun yang gugur jatuh. Tidak pernah menyalahkan angin. Ia menerima kejadian dengan hati yang  merunduk. Karena berpasrah pada Allah yang mengasihi makhluk. Daun tahu, apa yang Allah gariskan tidaklah sia-sia. Pasti berselimut hikmah dan baik adanya. Kelak, ia bisa menjadi pupuk dan rabuk. Paling tidak, ia memberi kesempatan kepada daun yang baru untuk bertumbuh.

Begitu banyak bertebaran ayat-ayat yang berisi perintah sabar di dalam Al Quran. Hal tersebut menyuratkan betapa pentingnya sabar. Sekaligus menegaskan betapa utamanya sabar. Ditambah lagi, begitu banyaknya ayat-ayat yang berisi keutamaan dan besarnya balasan kebaikan bagi orang yang bersabar.

Baca Juga : Ayat-Ayat Keutamaan Sabar

Pada kesempatan ini, kami petik beberapa ayat Al Quran yang berkaitan dengan perintah sabar. Ayat-ayat yang layak kita pahat. Bekal ketika kejadian yang tidak kita harapkan datang menyapa. Susah dan duka menghimpit. Sulit dan sakit menggigit.

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. 2 : 153)

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. 2 : 45)

“Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan. Dialah hakim yang terbaik.” (QS. 10 : 109)

“Dan sungguh, Kami benar-benar akan menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang-orang yang benar-benar berjihad dan bersabar di antara kamu.” (QS. 47: 31)

“Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikutnya yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.” (QS. 3 : 146)

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan waspadalah, serta bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (QS. 3 : 200)***

Komentar