Peduli Kanker Anak,  YKAKI Gelar Aksi Berani Gundul di  Mall

Target 1000 Orang

Headline1, Jogja Raya523 Dilihat

Teras Malioboro News   Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita kanker, Yayasan Kepedulian Anak  Kanker Indonesia menggelar Aksi Berani Gundul di Jogja City Mall. pada 11 Februari 2024.  Selain Aksi Berani Gundul, pada kesempatan ini juga dilakukan pengumpulan donasi melalui penjualan merchandise serta aksi donor darah kemanusiaan.

Ketua YKAKI Yogyakarta Eka Wibawa mengungkapkan,  aksi Berani  Gundul dilakukan sebagai upaya  memberikan semangat terhadap anak-anak penderita kanker yang  mengalami kerontokan rambut akibat khemoterapy. Dengan demikian, melalui aksi ini diharapkan dapat membangkitkan semangat untuk melawan penyakit yang dideritanya.

Selain itu, aksi ini juga sekaligus sebagai sarana edukasi bahwa kanker bukan penyakit menular, sehingga penderitanya tidak harus dijauhi. Justru mereka harus dirangkul agar tumbuh semangat untuk bisa survive terhadap penyakit yang dideritanya.  Sebab, jika ditangani sejak dini, sudah banyak penderita kanker yang dapat disembuhkan.

”  Banyak anak yang merasa rendah diri ketika mengalami kerontokan rambut, bahkan ada yang sampai gundul. Sebab, kondisi mereka menjadi berbeda dengan teman-temannya. Untuk itu, aksi ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak  mengenai kondisi yang mereka alami. “ ujar Eka  kepada sejumlah awak media di JCM  Selasa (6/7/2024).

Baca Juga : RS Jogja  Luncurkan 4 Layanan Kesehatan Baru .

Selanjutnya Eka menyatakan,  kegiatan aksi ini merupakan agenda tahunan yang sudah dilakukan sejak 2015 dan animo masyarakat untuk ikut serta dalam aksi ini selalu meningkat. Untuk itu, tahun ini dirinya mentargetkan peserta sampai 1000 orang peserta aksi.

“ Target kita  minimal ada 250 orang   sampai 1000 orang menjadi peserta cukur gundul. Dengan semakin banyaknya orang yang terlibat, akan memberikan dukungan moral yang luar biasa bagi para survivor. ” ujar Eka .  (*/SDs )