Pemkot Yogyakarta Berikan Penghargaan Terhadap 5 Ormas

Headline2, Jogja Raya306 Dilihat

Teras Malioboro News — Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan apresiasi Ormas Award kepada 5 organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Yogyakarta. Pemberian Ormas Award itu sebagai bentuk penghargaan Pemkot Yogyakarta kepada ormas yang aktif, taat regulasi dan berdampak ke masyarakat.

“Ini sebagai bentuk penghargaan  terhadap teman-teman ormas di Kota Yogyakarta yang memenuhi secara regulasi, keaktifan dan pengaruh kepada masyarakat itu berdampak besar, ” kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, Nindyo Dewanto ditemui usai penyerahan Ormas Award 2023 di Hotel Royal Dharmo, Rabu (15/11/2023).

Adapun  5  Ormas yang mendapatkan Ormas Award 2023 Kota Yogyakarta adalah Wahdah Islamiyah dengan juara I,  Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) juara II,  Sentra komunikasi Mitra Polri (Senkom) juara III, Paksi Katon Juara harapan I dan Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) juara harapan II. Lima ormas tersebut telah melalui penilaian dan penyaringan dari puluhan ormas.

Baca Juga : Mahasiswa dan Warga di Jogja Gelar Demo Kritisi Politik Dinasti

Nindyo menyatakan penilaian Ormas Award dilakukan tim juri dengan melihat berbagai aspek yakni ketaatan terhadap regulasi seperti kepemilikan surat izin dan surat tanda daftar organisasi, keberadaanya berdampak besar kepada masyarakat, keaktifan dalam kegiatan yang diadakan Kesbangpol Kota Yogyakarta serta kemandirian. Termasuk penilaian dengan melihat media sosial para ormas tersebut.

Berdasarkan catatan Pemkot Yogyakarta, saat terdapat  sekitar 209 ormas di Kota Yogyakarta. Namun baru sekitar 56 ormas yang sudah terdaftar resmi di Kesbangpol Kota Yogyakarta. Menurutnya belum semua ormas  terdaftar di Kesbangpol karena dimungkinkan ada kendala yang dialami ormas. Oleh sebab itu pihaknya mengimbau ormas agar memberikan perhatian terkait pendaftaran dari sisi regulasi.

Baca Juga : Jelang Tahun Politik 2024, Banser NU Perkuat Barisan dan Satu Komando

Menjelang pemilihan umum, Kesbangpol Kota Yogyakarta juga melakukan pemberdayaan ormas untuk menjaga kondisi yang kondusif di masyarakat. Pihaknya menegaskan Kota Yogyakarta sudah memiliki tim pemantau ormas.

“Teman-teman ormas ini berhubungan langsung dengan masyarakat. Kami berharap teman-teman ormas di Kota Yogyakarta membantu pemerintah membuat suasana ”adem’ untuk menjaga kondusifitas di Kota Yogyakarta. Jangan malah memperkeruh, ” tegas Nindyo. (*/)

 

Komentar