PKK Kota Yogya Gencarkan Gertacas Media Polybag

Antisipasi Kenaikan Harga Cabai

Teras Malioboro News – Cabai merupakan salah satu  kebutuhan pokok masyarakat yang sangat rentak dengan kenaikan harga.  Guna mengantisipasi kesulitan masyarakat terhadap  dampak naiknya harga cabai, Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta melakukan Gerakan Tanam Cabai Serentak ( Gertacas ) di lahan pekarangan masyarakat.

Selebrasi Gerakan menanam cabai di Kota Yogyakarta dilakukan  Senin ( 4/3/2024) di Taman Guyub Rukun RW 06 Kelurahan Semaki, Umbulharjo dan mengikuti acara gertam cabai PKK nasional secara daring melalui zoom meeting.

Di Kota Yogyakarta Gertacas dilakukan wi wilayah  Kemantren Umbulharjo dan Kelurahan Semaki. Mengingat sebagian besar lahan yang  dimiliki masyarakat tidak begitu luas,  Gertacas dilakukan dengan media polybag maupun pot.

“ Kalau setiap rumah minimal ada 3 atau 5 pohon cabai, mudah-mudahan konsumsi untuk rumah tangga bisa dari mandiri,” kata Penjabat Ketua TP PKK Yogyakarta Atik Wulandari disela-sela kegiatan

Baca Juga : Saatnya Kaum Wanita Bangkit Makmurkan Ekonomi Masyarakat

Selanjutnya Atik menyampaikan, target utama Gertacas ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dapur secara mandiri. Namun bagi masyarakat yang mempunyai lahan agak luas dan bisa  menanam  lebih banyak pohon, hal itu bisa menjadi alternatif  usaha sampingan, sehingga menambah penghasilan keluarga .  Selain dihalaman, tanam cabai melalui potb atau polibag itu dilakukan di ruang-ruang terbuka lain yang ada di  sekitar rumah.

“Kalau bisa dikonsumsi dari halaman sendiri tentunya ibu-ibu tidak perlu membeli cabai di pasar. Itu akan menekan harga cabai di pasaran.  Kita juga akan menginisiasi di Kota Yogyakarta, setiap rumah ada tanaman cabai yang tersedia di halaman masing-masing,” terang Atik.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Teliti  Fungsi Ekstrak Daun Kopi Sebagai Pembasmi Jamur Tanaman Cabai ,

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rajwan Taufiq mengatakan untuk mendukung kegiatan gertam cabai PKK serentak Kota Yogyakarta di RW 6 Semaki, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta. Terutama dalam penyediaan bibit tanaman cabai dan media tanam. Ke depan selain cabai, di Taman Guyub Rukun RW 6 akan dikembangkan tanaman pangan berupa terong untuk mendukung dapur balita sehat guna mencegah stunting.

“Harapannya cabai akan ditanam di sepanjang jalan ini karena lokasi di Semaki ini kita siapkan untuk maju dalam lomba Aku Hatinya PKK tingkat Kota Yogyakarta tahun depan. Harapannya dirawat jangan sampai mati,” ucap Rajwan. (*/Sulist Ds )

 

Komentar