Tips Menjalani Puasa Ramadhan Tanpa Lemas

Uncategorized77 Dilihat

Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Pada bulan ini umat Muslim menjalankan ibadhah puasa untuk memenuhi salah satu perintah agamanya. Selama puasa, umat Muslim menahan diri untuk tidak makan, minum dan aktifitas tercela sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Bagi sebagian orang, menjalani puasa merupakan sesuatu yang sangat berat.  Tubuh terasa lemas, mengantuk dan malas melakukan pekerjaan apapun. Padahal ada tips tertentu sehingga selama menjalankan puasa dapat berjalan lancar dan tidak terasa berat.

Persiapan diri.
Sebelum memulai puasa Ramadhan, terlebih dulu persiapkan diri dengan baik. Hal ini meliputi mengatur jadwal makan dan minum sebelum memulai puasa, menyiapkan makanan dan minuman sahur dengan baik serta mempersiapkan mental dan fisik agar dapat menghadapi tantangan selama bulan puasa Ramadhan.

Konsumsi makanan sehat
Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah-buahan dan sayuran segar. Hindari makanan yang berlemak, berminyak, dan terlalu banyak gula.

Hindari aktivitas berat
Aktivitas berat dapat membuat Anda kehilangan energi dan mengganggu konsentrasi selama puasa. Sebaiknya hindari aktivitas yang berat saat puasa, seperti olahraga intens atau bekerja terlalu keras. Alihkan perhatian Anda dengan beristirahat atau melakukan aktivitas yang ringan, seperti membaca buku atau berjalan-jalan.

Minum air yang cukup
Setelah seharian menahan diri untuk tidak minum, Anda perlu mengonsumsi air yang cukup saat berbuka puasa untuk mengembalikan cairan tubuh. Hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein, seperti kopi dan teh, karena dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Mengontrol diri saat makan dan minum
Meskipun saat berbuka puasa Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman, namun hal tersebut harus diatur dengan baik. Jangan makan terlalu banyak dan hindari makanan yang berat. Konsumsi makanan yang sehat dan ringan, serta hindari minuman yang manis dan beralkohol.

Berdoa dan berzikir
Puasa Ramadhan selain sebagai ibadah yang wajib, juga sebagai momen untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Manfaatkan waktu selama puasa untuk berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Hal ini dapat membantu Anda menjaga motivasi dan konsentrasi selama menjalankan puasa Ramadhan.

Selamat Berpuasa ..!

Komentar