” Mana Tahan ”, Ekspresi Kegelisahan Lukman Edi Santosa

 Teras Malioboro  News –   Seniman Lukman Edi Santosa  tak henti berkreasi. Kali ini dia memamerkan 8 buah karyanya di Artspace Artotel Suites Bianti Hotel Yogyakarta, selama sebulan lebih.  Pameran yang mengusung tema “ Mana Tahan “ itu digelar mulai 8 September hingga 31 Oktober 2023 .  Melalui tema ini Lukman berusaha memotret fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan ungkapan-ungkapan yang sangat satire.

Dari 8 karya yang ditampilkan, Lukman Edi Santoso berupaya menampilkan gagasannya mengenai budaya konsumtif, flexing, dan mental health kerap muncul dalam persoalan manusia dalam hidup.  Untuk itu, tema  semacam menjadi tajuk  atas sejumlah sindiran satir sekaligus motivasi.

Sederet lukisan karya seniman Lukman Edi Santosa menghiasi ruang Arts Space Artotel Suites Bianti

Baca Juga Artotel Suites Bianti Suguhkan Nuansa Nusantara

Persoalan-persoalan sosial tersebut hanya sebagian kecil dari persoalan yang banyak orang pernah mengalaminya. “Mana Tahan” menjadi sebuah dialog dalam pergulatan ragam masalah tersebut dengan batas – batas kemampuan seseorang menyelesaikan masalahnya demi mencapai tujuan hidupnya. Mana tahan juga dapat diterjemahkan dengan batas keinginan untuk mempertahankan sesuatu yang diyakini.

Karya-karya Lukman Edi Santoso banyak dipengaruhi oleh figur/karakter fiksi maupun non fiksi, superhero, film dan komik. Figur tersebut di “pinjam” berikut dengan popularitasnya masing-masing, lalu diubah dengan sedikit tambahan dan pengurangan dalam visualisasinya, dengan maksud untuk menyindir perilaku sosial, mental seseorang dan bahkan persoalan dalam diri seniman. Melalui visual figur-figur yang sudah popular di kalangan umum, tentu akan lebih mudah bagi audience untuk membaca pesan yang disampaikan.

Karya-karya Lukisan Lukman Edi Santosa, yang dipamerkan di Arts Space Artotel Suites Bianti

Baca Juga : Artotel Suites Bianti Suguhkan Nuansa Nusantara

General Manager Artotel Suites Bianti Yogyakarta  Imant Setiawan mengungkapkan, penyelenggaraan pameran ini merupakan bagian dari komitmen Artotel Suites Bianti Yogyakarta untuk mendukung kreasi para seniman.   Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan pameran  semacam ini akan terus dilaksanakan secara rutin .

“ Melalui Artspace, kami ingin berkontribusi mendukung para seniman dan memajukan industri seni Indonesia, khususnya di Yogyakarta, agar ARTOTEL Suites Bianti – Yogyakarta dapat menjadi “Rumah” bagi para seniman dan para pecinta Seni kontemporer, ” ujar  Imant  disela-sela pembukaan pameran.

Ditambahkan Imant , melalui kegiatan semacam ini diharapkan dapat berperan dalam menggairahkan kegiatan pariwisata di Indoensia khususnya di Yogyakarta. Sebab, dengan adanya kegiatan pameran seni membuat para wisatawan punya alternatif tujuan  ketika berwisata ke Yogyakarta.

Pojok Resepsionis ARtotel Suites Bianti Hotel

Baca Juga : Artotel Suites Bianti Tawarkan Garden Wedding Package.

Pada sisi lain Imant menegaskan,   penyelenggaraan pameran ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan mempertemukan para seniman dengan para kolektor seni yang selama ini banyak dikeluhkan para seniman.

” Jika kemudian ada lukisan yang  berkenan dipinang oleh kolektor, seluruh hasilnya kami serahkan kepada seniman.  Sama sekali tidak ada sharing profit, karena tujuan kami untuk meningkatkan kesejahteraan para seniman. ” tandas  Imant. (*/SDs )

Komentar