Bantuan Air Bersih Menjangkau Warga di Tiga Kapanewon, Total 150 Tanki  

Headline1, Jogja Raya112 Dilihat

TerasMalioboroNews.com–Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Wates menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 150 ribu liter kepada warga di tiga kapanewon, Kabupaten Kulonprogo. Bantuan air bersih perdana disalurkan kepada warga RT 41 Dukuh Sangon II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap sebanyak 5.000 liter, pada Rabu (25/10/2023).

Penyerahan bantuan air bersih secara simbolis dilakukan oleh Pimpinan Cabang BRI Wates, Sri Susilo kepada Ketua RT 41 Sangon II, Heritriyatno yang disaksikan Kepala Unit BRI Pripih, Sarjana, Staf BPBD Kulonprogo serta warga.

Bantuan air bersih langsung dimasukkan ke dalam bak tandon air yang ada di pinggir jalan dan mushola setempat.

Sri Susilo menuturkan, selain Kapanewon Kokap, bantuan air bersih juga akan disalurkan ke Kapanewon Girimulyo dan Kalibawang. Masing-masing kapanewon mendapatkan sebanyak 10 tanki masing-masing berkapasitas 5.000 liter. Sehingga total bantuan air bersih untuk tiga kapanewon sebanyak 150 ribu liter.

baca juga: Djarum Foundation Bantu Distribusi Air dari Goa Jomblang Wonogiri untuk Penuhi Kebutuhan 2.071 Jiwa

“Sebagai BUMN, kami tidak hanya mencari untung atau profit, tetapi tetap mengedepankan Corporate Social Responsibility (CSR). Apalagi, tahun ini banyak saudara kita menghadapi ancaman kemarau panjang,” kata Sri Susilo.

Untuk penyaluran air bersih, tambah Sri Susilo, dilakukan sesuai dengan kapasitas bak penampungan yang dimiliki warga. Sehingga penyaluran air bersih yang tidak sekaligus ini, diharapkan bisa disikapi  masyarakat dengan bisa lebih berhemat air.

Sarjana menambahkan, bantuan air bersih ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat masyarakat. Bantuan air bersih ini juga akan dialokasikan ke Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap. Untuk penentuan titik-titik bantuan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo.

Sarjana berharap kekeringan di wilayah Kapanewon Kokap segera berakhir. “Hujan segera datang dan masyarakat bisa kembali bercocok tanam dan sinergi masyarakat dengan BRI terus berlanjut,” harapnya.

Staf Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD, Suyatno mengatakan, BPBD sudah mempunyai jadwal droping air bersih di wilayah kekeringan Kabupaten Kulonprogo. Pengiriman bantuan air bersih dari BRI akan menyesuaikan dengan jadwal BPBD.

“Kita memprioritaskan daerah-daerah yang sangat membutuhkan air bersih. Mudah-mudahan 10 tanki dari BRI untuk wilayah kapanewon bisa sesuai dengan tempat yang sudah kita jadwalkan. Penyalurannya bisa empat atau lima titik kekeringan,” kata Suyatno.

baca juga: Tanggap Darurat Iklim Berubah-ubah

Sementara Ketua RT 41/RW 12 Sangon II, Heritriyatno mengucapkan terima kasih kepada BRI yang telah memberikan bantuan air bersih kepada warga Sangon II. Untuk pembagian air bersih, warga menggunakan selang yang disalurkan ke rumah masing-masing, dan ada yang langsung mengambil dari bak tandon air.

“Selang itu disalurkan ke rumah-rumah warga yang ada di bawah. Pembagiannya, satu malam ke rumah warga satu, kemudian malam berikutnya ke rumah warga lainnya. Tetapi kalau airnya terbatas pembagiannya berdasarkan jam,” kata Heritriyatno.

Heritriyatno menjelaskan selama kekeringan ini warga bisa mandi satu kali sehari sudah merupakan kemewahan. “Sehari bisa mandi sekali itu sudah alhamdulillah. Lebih banyak tidak mandi,” katanya. (Suwarjono)

Komentar