Bergembiralah, Allah Setia Mengiringi

Oleh : Ustadz Sujarwo

Oase479 Dilihat

Teras Malioboro News – Bergembiralah. Allah setia mengiringi dan menemani. “Jangan bersedih. Sesungguhnya Allah bersama kita” (QS. 9 : 40). “Allah bersama engkau, dimanapun engkau berada.” (QS. 57 : 4)

Bergembiralah. Allah menginginkan agar kita menjalani hidup dengan bahagia. “Allah menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran bagimu” (QS. 2 : 185). “Bukankah Kami telah melapangkan dadamu? Kami pun telah menurunkan bebanmu, yang memberatkan punggungmu.” (QS. 94 : 1-3)

Allah ajarkan kita doa-doa untuk menggapai kebahagiaan. “Dan di antara mereka ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. 2 : 201).

“(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. 18 : 10)

“Berkata dia (Musa) : “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataan ku.” (QS. 20 : 25 – 28)

Allah hadiahkan kepada kita Al Quran yang memuat pelajaran, bimbingan, obat penenang, dan rahmat. “Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS. 10 : 57)

Baca Juga : Ayat-Ayat Tentang Perintah Bersabar

Allah kirimkan kepada kita Nabi yang menjadi teladan. “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS. 33 : 21)

Nabi yang dipenuhi kelembutan dan kasih sayang bagi semesta. “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS. 21 : 107)

Allah hadiahkan kepada kita agama yang sempurna, yakni Islam. Agama yang diridhoi Allah. “Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhoi Islam sebagai agamamu.” (QS. 5 : 3)

Allah pilih kita menjadi bagian dari umat terbaik. “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.” (QS. 3 : 110)

Dengan semua itu, kita menjadi orang yang derajatnya paling tinggi. “Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang yang beriman.” (QS. 3 : 139)

Kelak kita mendapatkan balasan surga adn. “Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah.” (QS. 18 : 31)

Komentar