Bukan Hanya Badan Warga Binaan, Petugas Juga Geledah Wisma Lapas Kelas IIB Sleman

Berita, Headline136 Dilihat

Teras Malioboro News—Ratusan warga binaan di Lapas Kelas IIB Sleman, Selasa (18/4/2023) menjalani pemeriksaan dan penggeledahan oleh petugas gabungan dari Lapas Cebongan, Polri, TNI dan BNN. Satu persatu warga binaan dicek petugas. Selain badan warga binaan, petugas gabungan juga menggeledah wisma para warga binaan.

Kegiatan dilaksanakan rutin, sebagai upaya peningkatan kewaspadaan saat Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H, serta mempertahankan UPT Pemasyarakatan Daerah Istimewa Yogyakarta Bersih dari Narkoba, Hp, dan Pirantinya (Bersinar Hatinya).

“Upaya ini menjadi salah satu bentuk komitmen untuk mempertahankan predikat Bersih dari Narkoba, handphone dan Pirantinya (Bersinar Hatinya). Razia yang akan kita lakukan bersama ini menjadi upaya mempertahankan predikat Bersih dari Narkoba yang sudah kita raih pada 3 tahun yang lalu dengan usaha dan pengorbanan yang luar biasa,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, G.A.P. Suwardani yang turut mendampingi berjalannya razia dan penggeledahan di Lapas Kelas IIB Sleman.

baca juga : Ini Rangkaian Kegiatan Perayaan Idul Fitri 1444 H di Keraton Yogyakarta

Ia mengemukakan, razia yang digelar merupakan tindak lanjut atas Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan No. PAS-482.PK.08.05 Tahun 2023. Sehingga razia dan penggeledahan dilakukan serentak oleh seluruh Jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pejabat dari Kanwil Kemenkumham DIY bersama BNN, Polri dan TNI. (istimewa)

Setelah dilakukan penggeledahan baik badan maupun wisma hunian Warga Binaan Pemasyarakatan, tidak ditemukan barang terlarang seperti handphone, narkoba, dan senjata tajam.

“Kami menyampaikan terimakasih jajaran Lapas Sleman telah menjaga komitmen dan integritas menjaga kondusifitas. Juga terimakasih kepada rekan-rekan Polri, TNI, dan BNNK Sleman yang telah membantu dalam giat razia dan penggeledahan gabungan yang dilakukan secara serentak ini,” katanya.

Kepala Lapas Kelas IIB Sleman, Kusnan menambahkan, razia ini merupakan bagian dari persiapan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Melalui razia seperti ini, diharapkan bisa memastikan kondisi aman dan kondusif.

baca juga: Gerhana Matahari Sebagian Melintas Di Yogyakarta

“Selain menjelang Idul Fitri, kami secara rutin juga menggelar razia. Dalam setahun setidaknya 84 kali razia kami lakukan. Sebanyak 24 kali di antaranya adalah razia gabungan dan 60 kali razia mandiri,” ujar Kusnan.

Terkait jumlah warga binaan, Lapas Kelas IIB Sleman saat ini membina 325 warga. Sementara kapasitas ideal seharusnya sebanyak 225 orang. (suwarjono)  

Komentar