Disbud Kota Yogyakarta Gelar Pelatihan Pranata Adicara

Seni dan Budaya66 Dilihat

Teras Malioboro News – Mengawali tahun 2023, Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Pranata Adicara. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua angkatan, yakni Angkatan I pada 13–15 Februari dan Angkatan II pada 20–22 Februari 2023. Pelatihan berlangsung di Hotel Alana Malioboro, Jl. Mayjend Sutoyo No.52, Mantrijeron Yogyakarta.

Pelatihan Pranata Adicara ini menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi yang mumpuni di bidangnya, di antaranya Maria Kadarsih, Angger Sukisno, Faizal Noor Singgih, dan Wicaksono Cahyo Nugroho. Ada pula moderator dari Paguyuban Panatacara Kota Yogyakarta, Tri Handoko Putro, serta pemenang Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat DIY, yakni Fithri Kurniawati dan Wahyuni Shinta Utami.

Kegiatan yang terselenggara dalam rangka pelestarian bahasa dan sastra Jawa tersebut diikuti oleh masyarakat Kota Yogyakarta dari berbagai kemantren. Total peserta mencapai 112 orang dari beragam usia dan profesi. Terbagi menjadi 56 orang peserta tiap angkatan.

Baca Juga : SMP Joanes Bosco Pentaskan Kethoprak Lakon “ Hamukti Palapa .

Pelatihan Pranata Adicara dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos., M.M. pada Senin (13/2). Yetti mengungkapkan bahwa kegiatan Pelatihan Pranata Adicara itu sejalan dengan usulan dari jaring aspirasi masyarakat Kota dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Sepanjang tiga hari pelatihan, peserta mendapatkan ilmu seputar “Sangu lan Tata Basa Pranatacara”, “Upacara Adat Penganten dan Pranatacara Penganten: Lamaran, Seseran, dll.”, “Pamedhar Sabda: Pambagyaharja, Pasrah, Tampi Pasrah Penganten”, “Pranatacara ing Acara Masyarakat: Sripah lan Kegiatan Muda-mudi”, “Pranatacara Resmi/Protokol Kedinasan”, hingga “Ngadi Busana”.

Pelatihan diberikan dengan metode ceramah, dialog, dan praktik sehingga harapannya peserta tidak hanya paham materi, tetapi juga menguasai praktiknya.

Dengan pelatihan yang menitikberatkan pada segi praktik, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta berharap para peserta mendapatkan bekal yang cukup dan bisa percaya diri menjadi pembawa acara di lingkungannya masing-masing.

“Harapannya, pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk berkarya di masyarakat, syukur dapat melahirkan peluang pekerjaan baru sebagai pembawa acara profesional,” ungkap Yetti dalam sambutannya.

Guna menambah wawasan, para peserta Pelatihan Pranata Adicara juga mendapatkan buku yang berisi materi dan contoh pranatacara serta sertifikat. Tingginya pendaftar Pelatihan Pranata Adicara menunjukkan masyarakat sangat antusias dengan kegiatan tersebut. (*)

Komentar