Dorong Ekosistem Digital, Ruang 412 Gelar Program Inkubasi UMKM

Teras Malioboro News – Sebagai upaya memberikan ruang berkembang terhadap UMKM, Ruang 412  Rabu (2/2/2023) menggelar program inkubasi terhadap kelompok UMKM se Kalurahan Condong Catur.  Kegiatan ini diikuti oleh 12 UMKM terpilih serta dihadiri oleh Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Internasional UII, dosen, bersama dengan perwakilan mahasiswa.

Rangkaian program Inkubasi UMKM  berlangsung sejak 16 Januari 2023 yang diawali dengan pelaksanaan training sertifikasi kelas Digital Marketing, Digital Creative dan Global Entrepreneur untuk 35 mahasiswa FBE UII. Kemudian, mahasiswa-mahasiswa tersebut dipasangkan dengan 12 UMKM terpilih untuk dibantu pemasaran secara digitalnya.

Awan Setya Dewanta, M.Ec. Dev  selaku Sekertaris Prodi Studi Ekonomi Pembangunan Program Internasional UII  menyambut baik program ini. Menurut Awan, mahasiswa UII memang sudah secara rutin mengikuti program sertifikasi, namun prorgam sertifikasi dari Ruang 412 ini sangatlah berbeda dan menarik, karena secara langsung mempertemukan mahasiswa dengan teman-teman UMKM.

Baca Juga : BRI Salurkan Kredit Rp 790 Triliun untuk 22 Juta UMKM

“ Kami berharap para mahasiswa bisa mendapatkan banyak pengalaman dari program inkubasi ini serta dapat meningkatkan perekonomian dari UMKM” ujar Awan dalam sambutannya.

Sementara itu, Reno Candra Sangaji selaku Lurah Condongcatur  menambahkan, program inkubasi UMKM dari Ruang 412 merupakan terobosan atau inovasi yang baru dan menjadi jawaban dari keresahan para pelaku UMKM di Condongcatur,melalui MoU antara Kelurahan Condongcatur dengan Ruang 412, diharapkan  para UMKM di Condongcatur dapat menghasilkan hasil yang luar biasa seperti yang kita impikan, karena program inkubasi ini digagas oleh anak muda sehingga lebih inovatif dan tidak menjenuhkan untuk UMKM.”

Baca Juga : Kemenag Kebumen Siap Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk UMKM Difabel

Aliva Zein selaku program Manager di Ruang 412 mengungkapkan,  Inkubator Bisnis yang digagas Ruang 412 memiliki fokus di sektor digital marketing untuk membangun ekosistem digital di UMKM.

, “Program Inkubasi dari Ruang 412 sangatlah berbeda dengan program inkubasi pada umumnya, karena di Ruang 412 kita selalu mengajarkan fundamental bisnis yang jarang diajarkan oleh inkubator bisnis lainnya. Jadi, sudah saatnya masyarakat luas mengetahui kehadiran kami, Ruang 412, yang hadir untuk meningkatkan perekonomian UMKM dan juga memberikan dampak secara nyata”. ujarnya.  (*/SDs )

 

Komentar