Keluarga Besar SMPN 3 Purbalingga dan Alumni Salurkan Bantuan Air Bersih

Teras Malioboro News , Purbalingga — Memasuki musim kemarau saat ini, kesulitan air bersih dirasakan di berbagai desa di Purbalingga. Untuk itu, dalam rangka memperingati HUT ke 47 SMP Negeri 3 Purbalingga, keluarga besar sekolah ini merasa terpanggil dengan menyalurkan bantuan air bersih. Tahap pertama, bantuan air bersih disalurkan untuk warga Desa Tegalpingen, Kecamatan Pengadegan, Rabu (4/10/2023).

Penyaluran air bersih itu melibatkan alumni yang tergabung dalam Paguyuban Alumni SMPN 3 Purbalingga (Pastibangga) lintas angkatan, perwakilan guru dan siswa SMPN 3 Purbalingga.

“Ditargetkan, 47 tangki air bersih akan kami salurkan untuk desa-desa di Purbalingga yang kesulitan air bersih selama musim kemarau ini,” ujar Ketua pelaksana penyaluran air bersih HUT ke 47 SMPN 3 Purbalingga, Wiyatno Heru Riyanto di sela-sela penyaluran bantuan air bersih di Desa Tegalpingen, Kecamatan Pengadegan, Purbalingga.

Dijelaskan Wiyatno Heru Riyanto, penyaluran air bersih ini, bekerjasama dengan PMI Purbalingga dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga.

“Sesuai peringatan HUT ke 47 SMPN 3 Purbalingga, kami akan menyalurkan hingga selama sebulan ke depan, sebanyak 47 tangki air bersih. Penyaluran air bersih ke desa-desa yang memang sangat membutuhkan, ” ujar Wiyatno Heru, lulusan tahun 1980 SMPN 3 Purbalingga.

Baca Juga : Tari Grapyak Meriahkan Gelar Karya P5 di SMPN 4 Purbalingga

Seperti diketahui, dari 18 kecamatan di Purbalingga, ada 13 kecamatan yang selama ini selalu langganan kesulitan air bersih saat musim kemarau. Yakni Kecamatan Pengadegan, Kaligondang, Kejobong, Karanganyar, Kertanegara, Mrebet, Rembang, Karangreja, Kutasari, Bojongsari, Karangmoncol, Bukateja dan Kemangkon.

Ada 54 desa yang tersebar di 13 kecamatan itu, selama ini selalu keuslitan air bersih pada setiap musim kemarau.

Heru mengakui, pada HUT ke 42 SMPN 3 Purbalingga lima tahun lalu, pihaknya melakukan penyaluran air bersih sebanyak 42 tanki. Dan masyarakat merasa terbantu dengan adanya penyaluran air bersih dari keluarga besar SMPN 3 Purbalingga.

Bakti Sosial
HUT ke 47 SMPN 3 Purbalingga jatuh pada 19 November 2023 mendatang. Menandai HUT itu, berbagai kegiatan digelar. Selain penyaluran air bersih, ada juga bakti sosial Jumat berkah. Pada kegiatan ini, akan dilakukan 2 kali setiap hari Jumat pada bukan OKtoober. Yakni membagikan makanan dan minuman kepada warga masyarakat yang membutuhkan, dengan lokasi pembagian di depan SMPN 3 Purbalingga.

“Kami akan membagikan 470 bungkus nasi box dan minuman,” tambah Suryanto, sekretaris panitia yang juga anggota KOmite SMPN 3 Purbalingga.

Baca Juga : Unsoed Fasilitasi Studi Banding ke KWT Karya Tani

Heru menghimbau, kepada alumni yang tersebar di mana saja, yang akan berpartisipasi untuk kegiatan bakti sosial, baik berupa barang maupun uang, dapat disetor ke koordinator angkatan. Dan untuk uang dapat ditransfer ke NOmor Rekening BRI: 1569-01-000563-4 atas nama PASTIBANGGA. Untuk contact person, silakan hubungi Bu Nisa, Pak Suryanto, dan Bu Indri.

Menandai puncak acara HUT, akan digelar aksi donor darah pada Minggu, 26 November 2023 di SMPN 3 Purbalingga-Jalan Kopral Tanwir No 10 Purbalingga.

“Kepada semua alumni maupun bapak ibu guru, silakan berpartisipasi dalam aksi kemanusian donor darah ini,” harap Wiyatno Heru Riyanto.

Kepala SMP Negeri 3 Purbalingga, Subarno, S.Pd merasa bangga atas keterlibatan alumni yang tergabung dalam PASTIBANGGA dalam memperingati HUTn ke 47 SMPN 3 Purbalingga.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada alumni yang tersebar di mana saja atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami juga akan melibatkan jajaran dewan guru, karyawan dan siswa untuk suksesnya acara ini,” ujar Subarno.  (Prasetiyo)

Komentar