Layanan Tanya Dokter Gigi by Pepsodent Dilengkapi AI Denta-Scan

Teras Malioboro News – Unilever Indonesia melalui Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) kembali memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis serta layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”.

Kini layanan tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan. Seluruh fitur Pepsodent AI Denta-Scan ini dapat diakses masyarakat mulai akhir September 2024.

Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes, AAK, Ketua ARSGMPI menyampaikan, konsultasi gigi online menggunakan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan adalah langkah awal, diperlukan akses yang lebih luas agar masyarakat dapat menindaklanjuti permasalahan gigi dan mulut mereka ke dokter gigi secara langsung – seperti yang tersedia di BKGN 2024.

Dengan target menjangkau 29.000 pasien, sebanyak 30 FKG dan RSGMP dengan fasilitas yang sangat memadai dan terakreditasi secara nasional siap melayani masyarakat yang membutuhkan tindakan lanjutan secara gratis.

Baca Juga : Ratusan Pelajar SD di Yogya Aksi Gosok Gigi Bersama Ditemani Raissa dan Hamish Daud

Selain itu, dengan  dukungan 70 PDGI Cabang, BKGN 2024 juga akan memberikan edukasi, pemeriksaan dan perawatan gigi gratis melalui Program Sekolah – termasuk bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah-sekolah inklusi, para siswa Sekolah Sepak Bola, dan anak yatim/piatu di berbagai penjuru Indonesia.

Distya Tarworo Endri, Head of Marketing Oral Care and Professional Marketing Unilever Indonesia menyatakan, sebagai bagian dari komitmen melindungi senyum sehat Indonesia,  Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN)  tahun ini  telah memasuki usia yang  ke-15. Setiap tahunnya, BKGN memberikan layanan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis di seluruh FKG dan RSGMP di Indonesia disertai rangkaian edukasi ke sekolah,.  Hingga 2023, tercatat  telah lebih dari 1,1 juta masyarakat mendapatkan manfaat dari layanan ini

“Kami bersyukur bahwa BKGN telah berkontribusi mendorong masyarakat menyikat gigi di waktu yang tepat – setelah makan dan sebelum tidur, serta meningkatkan kesadaran untuk rutin berkonsultasi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.,” ujar Distya  seperti dikutip dari rilis media yang diterima redaksi , Kamis (12/9/2024)..

Baca Juga :  Risiko Kesehatan Akibat Kebiasaan Nge-Vape

Seiring pelaksanaan BKGN, jumlah masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat telah meningkat lebih dari dua kali lipat, yaitu dari 2,8% (Riset Kesehatan Dasar/Riskesdas 2018) menjadi 6,2% (Survei Kesehatan Indonesia/SKI 2023). Selain itu, jika di Riskesdas 2018 dilaporkan 94,9% masyarakat tidak berkonsultasi ke dokter gigi selama 1 tahun, maka di SKI 2023 angka ini menunjukkan perbaikan menjadi 91,2%.

Sementara itu, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia menerangkan, sejak 2020 Bulan Kesehatran Gigi Nasional selalu didukung dengan layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” . Layanan ini mudah diakses melalui QR code di kemasan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang serta didukung keahlian ribuan dokter gigi dari PDGI, AFDOKGI dan ARSGMPI dan lebih dari 140.000 masyarakat telah menggunakan layanan ini.

“Guna memberikan pengalaman dan manfaat yang lebih maksimal, di Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2024 Pepsodent semakin melengkapi layanan ini dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan. Berbekal hasil screening ini, pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi yang tersedia via chat maupun video call.,” ujar drg. Mirah.

Ditegaskan drg.Mirah, BKGN merupakan program tahunan yang senantiasa diperingati secara rutin dengan tema yang berbeda. Untuk BKGN 2024, tema yang diusung adalah “Berani Unjuk Gigi, Dukung Senyum Indonesia Lebih Kuat.”

Baca Juga : Royco Perkuat Edukasi ‘Isi Piringku’ untuk Berbagai Tahapan Usia

Kemudian, untuk melindungi kesehatan gigi para atlet sepak bola kebanggaan bangsa, di BKGN 2024 Pepsodent turut mengumumkan kolaborasinya sebagai Official Oral Care Partner Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

drg. Mirah berharap seluruh rangkaian fasilitas dan layanan yang kami persembahkan dapat membantu masyarakat memiliki gigi dan mulut yang lebih sehat sehingga kita semua bisa berani unjuk gigi untuk senyum Indonesia yang lebih kuat. Sampai jumpa di BKGN 2024 yang akan terselenggara mulai bulan September hingga Desember mendatang!” (*/Sulist Ds )

Komentar