Mahasiswa FBSB UNY Menangi Duta Peduli Sejarah Indonesia

Headline1, Pendidikan105 Dilihat

Teras Malioboro News — Danang Hafifudin Tabrani mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jawa (PBJ) Fakultas Bahasa Seni dan Budaya (FBSB) UNY berhasil meraih gelar juara I  Duta Peduli Sejarah Indonesia yang digelar Yayasan Outfithology Peagent Indonesia belum lama ini.

Danang terpilih dari sekitar 200 orang peserta melalui seleksi ketat dan bertugas untuk memberikan kepedulian kepada sejarah bangsa dan budaya.

Anak pasangan Sukartono dan Ida Safikyah itu tidak menyangka dapat menyabet gelar terbaik karena memprediksi hanya sampai juara favorit saja, namun Danang mendapat gelar ganda, sebagai juara favorit dan juara pertama.

Menurutnya, motivasi ikut kegiatan ini adalah mengajak mahasiswa dan masyarakat sekaligus untuk melestarikan dan peduli akan sejarah,  karena merupakan bagian dari suatu kehormatan bangsa

Awalnya, warga Depok Sleman itu memulai pendaftaran hingga masuk babak penyisihan yang terdiri dari tes tulis, head to head challenge, dan ada juga wawancara yang nilainya paling banyak.

Baca Juga : Lestarikan Seni Pakeliran, UNY Gelar Festival Dalang Cilik 2023.

Setelah terpilih menjadi Duta Peduli Sejarah, pria kelahiran Malang, 14 Oktober 2001 itu mempunyai program kerja membentuk paguyuban sinau cagar budaya di seluruh Indonesia, kongres aksara Jawa, kraton relawan, pembedahan naskah filologi antar bidang dan pagelaran seni serta mengajak masyarakat agar tetap menjaga sejarah dimanapun dan kapanpun

Peraih indeks prestasi kumulatif 3,81 tersebut memaparkan edukasi tentang sejarah sangat penting maka perlu adanya advokasi lawatan sejarah dan jejak transmisi budaya kepada generasi muda sehingga tercipta generasi muda yang unggul, berprestasi, dan terstruktur.

“Pada era sekarang, untuk mengenalkan sejarah kepada generasi muda banyak sekali medianya, salah satunya membuat konten pada kanal media sosial, baik platform youtube maupun media lainnya” ujar Danang.

Baca Juga :Pengenalan Sejarah Melalui Wisata Sadar Arsip 

Duta Peduli Sejarah Indonesia  merupakan   bersosialisasi kepada masyarakat mengenai sejarah sekaligus untuk memberikan kepedulian terhadap sejarah dan budaya bangsa Indonesia, khususnya para generasi bangsa.

Melalui Duta Sejarah Indonesia, generasi muda dapat mengenalkan sejarah kepada para generasi bangsa sesuai dengan perkembangan zaman yaitu melalui konten kreator, Youtube Duta Peduli Sejarah Indonesia dan kanal media sosial lainnya.

Komentar