PKS Tegaskan Konsisten Dukung Anies Baswedan

Pernyataan Resmi 24 Februari 2023

Headline1, Politik108 Dilihat

Teras Malioboro News – Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) secara resmi menyatakan dukungannya terhadap Anies Rasyid Baswedan  (ARB) sebagai Capres 2024.  Rencananya, PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada ARB sebagai Bacapres 2024-2029 pada rapat BPMS PKS yang bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PKS pada 24 Februari 2023.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS  Mohammad Sohibul Iman menjelaskan,  pernyataan  resmi PKS ini untuk menjawab  pertanyaan-pertanyan publik yang selalu muncul mengenai waktu deklarasi pencapresan  ARB oleh PKS. Oleh karena itu, dengan adanya pertanyaan ini  diharapkan nantinya  tidak ada lagi pertanyaan mengenai arah dukungan PKS terhadap calon presiden dalam Pilpres 2024.

“ Meskipun sdh berulang kali disampaikan oleh para jubir PKS, dan saya tegaskan lagi pada hari jumat 27 Januari 2023 lalu di pendopo ARB bhw PKS sdh jelas mendukung ARB pada pilpres 2024 namun tetap saja banyak insan media dan juga masyarakat yang menanyakan kapan DPP PKS scr eksplisit organisatoris akan menyatakan dukungan kpada ARB sbgmn yang dilakukan Nasdem dan PADA sehingga koalisi ini bisa mencapai Presidential Threshold 20%. “ ujar Iman kepada sejumlah awak media di Jakarta,  Senin (30/1/2023) malam ini.

Baca Juga : Jelang Tahun Politik 2024, Banser NU Perkuat Barisan dan Satu Komando

Selanjutnya Iman menyampaikan, situasi politik menjelang 2024 terasa makin dinamis, terutama terkait perhelatan pilpres 2024. Pekan lalu dan juga saat ini salah satu dinamika politik yang menjadi sorotan luas masyarakat adalah tentang koalisi partai-partai yang akan nendukung Anies Rasyid Baswedan (ARB) sebagai Bacapres 2024-2029.

“ Terasa kuat harapan atau ekspektasi publik untuk terbentuknya koalisi ini. Saya dan 2 teman lain yaitu Al Muzzammil Yusuf dan Pipin Sopian selaku utusan PKS dalam tim kecil koalisi pengusung ARB ini sangat merasakan adanya ekspektasi tersebut terutama yang ditujukan pada PKS.” ujarnya.

Selanjutnya Iman mengatakan , PKS  terus mendengar, memonitor, dan menyerap ekspektasi publik tersebut dengan seksama.  Namun pada sisi lain, para utusan PKS dalam tim kecil koalisi ini dalam  bekerja tidak akan melampaui kewenangan yang dimiliki. Sebab,yang berhak menentukan kapan waktunya PKS  menyampaikan secara eksplisit organisatoris dalam hal menyatakan dukungan kepada  ARB adalah Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) yang merupakan Badan Pekerja Majelis Syuro (BPMS) PKS yang dipimpin oleh Ketua Majelis Syuro PKS yaitu Habib DR. Salim Segaf Al Jufri.

Baca Juga : Ketua PBNU Gus Yahya : Tidak Boleh Capres dan Cawapres Mengatasnamakan NU

Untuk itu dalam menjalankan tugas di tim kecil koalisi ini pihaknya senantiasa berkonsultasi dan berkoordinasi dengan DPTP, secara  khusus dengan Ketua Majelis Syuro PKS. Kemudian,  menyikapi ekspektasi publik terhadap PKS saat ini maka pihaknya  selaku utusan PKS dalam  tim kecil ini melakukan konsultasi dengan Ketua Majelis Syuro dan Presiden PKS yang kebetulan keduanya  sedang melaksanakan ibadah umroh.

Dari konsultasi dan diskusi kritis di Turki ,  Iman mengaku  mendapat amanat untuk menyampaikan beberapa pesan penting  kepada  keluarga besar PKS dan seluruh masyarakat Indonesia .Adapun pesan tersebut  sebagaimana ditunjukan dalam tim kecil koalisi partai-partai pendukung ARB, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai-partai pengusung ARB di pilpres 2024 tersebut  sehingga koalisi ini memenuhi PT 20%.

“ PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada ARB sebagai Bacapres 2024-2029 pada rapat BPMS PKS yang bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PKS tgl 24 Fabruari 2023. Meski demikian tidak tertutup kemungkinan terjadi percepatan sesuai dengan dinamika politik yang berkembang .” tegasnya.  (*)

Komentar