Prabowo- Gibran Makin Memikat di Kalangan Gen Z dan  Millenial.

Elektabilitas Ganjar Mahfud Makin Menurun.

Headline1, Politik269 Dilihat

Teras Malioboro News – Jelang pelaksanaan Pemilu,  Lembaga  Indikator  kembali melakukan survei elektabilitas Capres dan Cawapres 2024.  Berdasarkan survei yang dilakukan pada periode 28 Januari – 4 Februari 2024 diperoleh temuan bahwa  pasangan Prabowio Gibranmemperoleh elektabilitas 51,8 %, disusul pasangan Anies- Muhaimin dengan elektabilitas sebesar  24,1 %  dan pasangan Ganjar – Mahfud memperoleh elektabilitas  19,6 persen.

Founder Lembaga Survei Indikator Prof.Burhanuddin Muhtadi menjelaskan,  metode panarikan sampelk dalam survei ini dilakukan dengan metode  multistage random sampling,  dengan jumlah sampel basis sebesar 1200 responden  yang berasal dari seluruh propinsi di Indonesia. Distribusi sampel secara proporsional , kemudian dilakukan over sampel di 18 propinsi , sehingga total sampel menjadi 5500.  Survei ini menetapkan margin error sebesar 2,9 persen  pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“ Penentuan sampel didasarkan pada alasan statistik bahwa setiap orang dalam Pemilu mempunyai suara yang sama, jadi ketika semakin banyak jumlah pemilih disuatu wilayah maka kita lakukan over sample.” ujar Burhan dalam Press Conference secara daring, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga : Jika Pilpres Dua Putaran, Ini Pemenang  Versi Lembaga Survei Indikator.

Dijelaskan Burhan,  Pilpres kali ini sangat menarik karena   secara demografis selain kaum baby boomer juga ada  golongan  anak muda yang masuk dalam kategori Gen Z  turut menyumbang dukungan yang signifikan terhadap masing-masing paslon.

Sehubungan dengan hal tersebut Burhan menyampaikan, dalam  survei ini pihaknya menemukan  data bahwa  pasangan Prabowo – Gibran didukung oleh  65,3 persen golongan Gen Z ( usia  26 kebawah ) ,  50,1 persen dari golongan  Millenial ( usia 27-42 tahun ) , 47 golongan usia Gen X ( 43-58 tahun ) dan 46,9 dari golongan Baby Boomers ( usia diatas 59 tahun ) .

Baca Juga : Survei Terbaru Elektabilitas Capres/ Cawapres . Siapa Juara ?

Jika dilihat dari tren, dukungan  Gen Z   terus meningkat sejak Oktober 2023  sampai  awal Februari 2024.  Tren ini berbeda halnya dengan kondisi yang dialami oleh Anies dan Ganjar yang  begerak secara dinamis diseputar angka elektabilitas  20-an persen.

Hal serupa juga terjadi  dikalangan millenial elektabilitas  Prabowo- Gibran menunjukkan tren meningkat yang cukup konsisten, sementara pasangan  Anies-Muhaimin serta Ganjar Mahfud justru menunjukkan tren yang  stagnan dan cenderung menurun.  (*/SDs )

Komentar