Rumah Sakit Panti Rapih Selenggarakan Hospital Tour

Peringati HAN 2023

Headline2, Jogja Raya166 Dilihat

  Teras Malioboro News – Menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional, Minggu (23/7/2023) RS Panti Rapih menggelar serangkaian kegiatan  di Kapel Panti Rapih, Yogyakarta. Kegiatan yang bertema ” Anak Pelopor Kesehatan dan Pelapor Tindak Kekerasan ” ini diawali dengan Perayaan Ekaristi oleh Romo Siprianus Smakur Tukan, SSCC di Kapel Panti Rapih.

Selanjutnya peserta yang terdiri atas 23 Sekolah (11 SMP dan 12 SD di wilayah Kota Yogyakarta dan Sleman) diajak untuk Hospital Tour. Adapun Lokasi yang dikunjungi antara lain Kawasan Cagar Budaya di RS Panti Rapih, Klinik Anak yang berlokasi di Lantai 3 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus, dan Ruang Perawatan Anak yang berada di Lantai 2 Gedung Carolus.

Baca Juga : IFI DIY Gelar Baksos dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Maria Vita selaku Humas  RS Panti Rapih menyampaikan, peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini bertujuan untuk mendorong anak-anak menjadi pelopor kesehatan di sekolah dan komunitas mereka serta memberdayakan mereka untuk berani berbicara menentang segala bentuk kekerasan di lingkungan mereka.

“ Anak-anak Indonesia sebagai aset Bangsa dan Generasi Penerus Bangsa. Sesuai dengan Peirngatan Hari anak Nasional Tahun 2023  yang mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju, kami ingin agar anak-anak juga mengenal tentang sejarah dan fasilitas yang ada diu RS Panti Rapih “ ujar Vita kepada sejumlah wartawan disela-sela kegiatan.

Baca Juga : Cornelia & Co Berbagi Kiat Komunikasi Untuk Kampanye Kesehatan

Ditambahkan Vita,  bangunan RS Panti Rapih  telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional dalam Sidang Kajian oleh Tim Ahli Cagar Budaya Nasional pada13-16 September 2018. Untuk itu, anak-anak perlu mengetahuinya agar nantinya tumbuh kepedulian untuk menjaga serta melestarikannya.

Sebab, dengan partisipasi aktif dari seluruh sekolah yang hadir, seluruh rangkaian Hari Anak Nasional 2023 yang diselenggarakan dapat membekali anak-anak dengan pengetahuan berharga tentang kesehatan dan keselamatan, mendorong mereka untuk mengambil peran aktif dalam mempromosikan kesejahteraan di komunitas.

Baca Juga : AXA Mandiri Kenalkan Tes Kalkulator Kesehatan Jantung

Acara Hari Anak Nasional 2023 di RS Panti Rapih dibuka secara langsung oleh Direktur Utama RS Panti Rapih, drg. V. Triputro Nugroho, M,Kes di Auditorium Lantai 6 Gedung Rawat Jalan Terpadu Borromeus.

Setelah itu seluruh peserta dan guru pendamping mendapatkan edukasi. Sr. Valentina Sri Mulyani CB, menyampaikan topik Stop Kekerasan di Satuan Pendidikan, dilanjutkan edukasi tentang Balut dan Bidai yang disampaikan oleh dr. Bambang Kisworo, Sp. OT (K). Peserta dan guru pendamping juga diajak untuk Praktek Balut Bidai secara langsung yang dipandu oleh Tim Gawat Darurat RS Panti Rapih. (*/)

Komentar