Siap-Siap.. Sarkem Fest 2023 Akan Segera Digelar.

Libatkan Turis Mancanegara

Headline1, Malioboro223 Dilihat

Teras Malioboro News – Festival Pasar Kembang atau Sarkem Fest akan kembali digelar pada Maret 2023. Sejumlah persiapan sedang dilakukan oleh Pemkot  Yogyakarta agar festival tersebut  dapat berjalan lancar.

Menurut Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi kegiatan Festival Sarkem sudah memiliki modal dari branding Kawasan Sarkem yang sudah dikenal masyarakat. Oleh sebab itu Festival Sarkem  perlu dikelola sehingga menjadi sebuah Festival Budaya yang bermartabat dan unik.

“Jadi bagaimana kita mengisi dan meng-arrange yang sudah punya nama besar ini kita ubah menjadi sebuah Festival Sarkem. Ini bisa menjanjikan. Maka harus kita isi Festival Sarkem dengan unik yang tidak ada di daerah lain,” kata Sumadi, saat FGD Festival Sarkem 2023 di Hotel Dafam Fortuna Malioboro, Jumat  lalu.

Ditambahkan Sumadi ,para pelaku di wilayah Sarkem mengedepankan aspek pemberdayaan untuk menumbuhkan sesuatu yang unik dalam Festival Sarkem 2023. Apalagi Sarkem di wilayah Sosromenduran lokasinya berada di sayap atau sirip Malioboro. Untuk itu Sumadi meminta para pelaku di Sarkem dan pihak terkait memberikan masukan dan ide untuk Festival Sarkem 2023.

Baca Juga : Sleman Siapkan 60 Event, Salah Satunya Festival Van der Wijck 2-3 Juni

“Sesuai keinginan menjadikan Sarkem yang bermartabat. Kita ubah image Sarkem yang dulu negatif menjadi sesuatu yang bisa menjadi daya pikat,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Muhammad Zandaru  menyampaikan, niat besar dari pelaksanaan Festival Sarkem pada tahun ini adalah menjadikan Sarkem Berdaya dan Sarkem Berjaya. Itu artinya Festival Sarkem diharapkan akan memberdayakan semua elemen di wilayah Pasar Kembang, sehingga semua semakin jaya atau sejahtera. Kami juga berharap Festival Sarkem  akan menarik wisatawan.

Festival Sarkem dikolaborasikan dengan kegiatan ruwahan apeman di Sosromenduran. Festival juga akan menampilkan pawai budaya dengan gunungan apem dan dimeriahkan dengan  pertunjukan seni budaya.

Selain itu, panitia juga  akan melibatkan wisatawan mancanegara. Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan hotel-hotel sekitar Kawasan Pasar Kembang agar nantinya  ketika ada tamu wisatawan mancanegara dapat turut berperan serta dalam  Festival tersebut.  (*)

 

Komentar