Yayasan TCKN Resmi Tempati Gedung Hanoman Building

Headline1, Pendidikan114 Dilihat

Teras Malioboro News —     Yayasan Taman Cipta Karya Nusantara yang menaungi sekolah The Liliput World secara  resmi  menempati ” Hanoman Building ” yang ada di di  Jalan Wonokerso, Ngetiran, Sariharjo,  Sleman, Yogyakarta.  Bukan hanya kegiatan belajar, tetapi semua kegiatan operasional yang berhubungan dengan TCKN mulai pekan ini berpindah ke gedung baru ini.

Ketua Yayasan TCKN  Christa Tri Rahayu menjelaskan,  gedung baru  yang terdiri dari 4 lantai ini merupakan gedung  milik yayasan yang terdiri dari 4 lantai .  Mulai pekan ini Hanman Building sudah dipakai untuk kegiatan belajar mengajar serta kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.

Sedangkan  dipilihnya nama « Hanoman « sebagai nama gedung ini karena Yayasan terinspirasi dari kepahlawanan sosok Hanuman dalam  Epos  Ramayana yang kisahnya termasyhur diseluruh dunia.

« Guna menggali makna simbolis dan budaya terhadap sosok Hanoman,  maka hari ini kami menggelar diskusi budaya   dengan thema « Hanuman and The Ramayana : Insight  and The Lesson For Indonesia Today dengan nara sumber utama Rm. Gregorius Budi Subanar SJ dan budayawan DR. Peter Carey. Kegiatan ini akan dipandu oleh Dr. Ayu Cornellia Founder Cornellia Co PR Marketing Agency dan dilaksanakan di ruang Nusantara, gedung Hanoman.   « ujar  Christa kepada sejumlah awak media , Senin (9/9/2024)

Baca Juga : The Lilliput World, Disini Anak Belajar, Memahami dan Bertumbuh

Dijelaskan Christa,  Yayasan TCKN  merupakan yayasan pendidikan & sosial yang bertujuan memberikan dampak positif kepada masyarakat.  Adapun The Lilliput World  merupakan bagian dari TCKN . Sekolah ini  menerapkan sistem pembelajaran dengan  metode  gabungan ‘Montessori’, Taman Siswa (Ki Hajar Dewantara) dan Living Values Education yang sarat dalam akulturasi budaya Jawa di Jogja.

Selanjutnya  Christa mengungkapkan, selain The Lilliput World, beberapa kegiatan Yayasan TCKN lainnya; The Bridge Academy yang merupakan wadah pembelajaran bagi calon guru The Lilliput World untuk mengenalkan filosofi pembelajaran metode Montessori.

Saat ini   sekolah  The Liliput World mendampingi sebanyak 80 orang siswa yang berasal dari berbagai daerah. Namun, untuk tahun depan diperkirakan jumlahnya akan semakin bertambah mengingat  daya tampung  gedung ini cukup besar.

Kemudian,  di gedng ini juga diselenggarakan Program  The Bridge Academy  dari  Parents Community   yang menjadi wadah pembelajaran para orang tua Lilliput untuk memperkaya ilmu pengetahuan mengenai perannya sebagai orang tua. Beberapa bentuk kegiatan seperti training, talkshow, workshop yang dilaksanakan dengan pembahasan metode/ filosofi Montessori.

Kegiatan selanjutnya adalah  Social Service, yang merupakan kegiatan sosial kemanusiaan.  Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu diantaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan untuk warga lansia sekitar gedung, komunitas purna migran,para pekerja konstruksi di gedung Hanoman, warga sekitar wilayah desa Bulaksalak hingga health talk dengan asrama putri Sanjaya Fondation .

« Kegiatan Social Service melibatkan berbagai volunteers nasional maupun internasional, mahasiswa maupun profesional, induvidu maupun lembaga. Terakhir merupakan Nusa International Hospitality Course (NIHC) yang bergerak pada bidang perhotelan dan pariwisata. « tandas Christa .

Diskusi Njagong Budaya di Nusantara Room, Hanoman Building, Senin (9/9/2024)

Baca Juga : Ibu PAUD Condongcatur Ingatkan Pentingnya Bercerita Penghantar Tidur

Christa menegaskan dalam kegiatan pengabdiannya kepada masyarakat, TCKN  senantiasa  mengedepankan nilai-nilai respect, responsibility, goodwill, integrity, equality, dan positivity dalam setiap kegiatannya tentunya dapat menjadi wadah siapapun untuk menimba dan berbagi ilmu antara komunitas, yayasan, baik individual maupun lembaga.  (*/Sulist Ds )

 

Komentar