Anjungan AKN Seni Budaya Yogya Menarik Perhatian Jokowi

Headline2, Pendidikan261 Dilihat

Teras Malioboro News , Jakarta –  Sebagai upaya melaksanakan  deseminasi dan transformasi Pendidikan  Tinggi Khususnya  Perguruan Tinggi Vokasi, Kemendikbud Ristek pada Senin-Selasa (11-12/2023) lalu menggelar kegiatan Vokasi Fest X Festival Kampus Merdeka di Taman Ismail Marjuki, Jakarta Pusat.  Kegiatan yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi tersebut diisi  dengan pameran pendidikan  dan diskusi.

Pada kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan , dirinya merasa sangat senang dapat hadir dan melihat langsung. Untuk itu, diharapkan kegiatan ini ditindak lanjuti dengan langkah yang lebih teknis dan lebih kongkret.

Saya senang bisa hadir dalam penyelenggaraan vokasifest dan festival kampus merdeka. Kegiatan ini menunjukan kolaborasi dan kerjasama yang kongkret atara perguruan tinggi, sekolah dan industry dalam mendekatkan mahasiswa dan siswa ke dunia kerja,” tutur Presiden Joko Widodo seperti rilis media yang diterima redaksi, Kamis (14/12/2023 ).

Baca Juga : AKN SB Yogyakarta Berlakukan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Usai memberikan sambutan,  Jokowi   melakukan dialog dengan siswa SMK dan mahasiswa peserta program kampus merdeka serta mengunjungi pameran hasil karya sejumlah mahasiswa dan perguruan tinggi.

Jokowi juga berkesempatan untuk  singgah di anjungan milik AKN Seni Budaya Yogyakarta dan melakukan dialog dengan sejumlah staff dan penjaga  anjungan tersebut.  Anjungan ini  menarik perhatian Jokowi karena dinilainya sangat unik.

Junende Rahmawati, M.Sn., Kaprodi Seni Kriya yang saat itu juga turut menjaga stand mendampingi mahasiswanya mengungkapkan bahwa, Vokasifest X Kampus Merdeka ini membuka jalan untuk AKN Senbud Yk agar dapat dikenal masyarakat secara lebih luas

“Antusiasme pengunjung untuk belajar tatah sungging lumayan banyak, dari semua stand hanya kampus AKN Senbud Yk saja yang menampilkan tatah sungging wayang kulit,” ujar Junende.

Ditambahkan Junende, pihaknya mendapatkan banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan ini. Sebab, dirintya menjadi mengerti dengan  kondisi di luar dan tentu belajar konsep pangsa pasar dunia kerajinan dan bagaiman cara menanggapi pengunjung yang datang serta belajar publikasi, promosi, konsep menata anjungan stand dan event.

Baca Juga : AKN Seni dan Budaya Yogyakarta  Ajarkan Pembuatan Gapit Wayang  Berbahan Tanduk Kerbau

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha  AKN SenbudYogyakarta Rais Faisal Akhyar, S.T., M.Eng.,  mengatakan bahwa, dari acara ini banyak mendapat manfaat salah satunya terjalinnya relasi baru dan memungkinkan kerjasama dalam bentuk workshop penciptaan media pembelajaran melalui wayang.

“Keterlibatan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dalam acara festival vokasi ini adalah salah satu bukti bahwa AKN Senbud Yk ingin menunjukan eksitensinya di luar Yogyakarta sehingga masyarakat seluruh Indonesia mengetahui keberadaan kampus seni budaya Yogyakarta dan secara keseluruhan masyarakat mengetahui betul hasil dari program apa saja yang ada di akademi komunitas negeri seni dan budaya Yogyakarta,” terang Rais  (*/SDs )

Komentar