Balai Bahasa Yogyakarta Terbitkan 97 Judul Buku Cerita Anak  Dengan Dua Bahasa 

Teras Malioboro News – Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) menerbitkan sebanyak 97 buku cerita anak berbahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Buku-buku tersebut kemudian diseminasikan kepada  para guru  SD/MI, guru SMP/Mts ,  Pengawas Pendidikan,  komunitas literasi,  dan perwakilan media massa   se- DIY .

Koordinator KKLP Penerjemahan  BBY Wuri Rochayati menyampaikan,   kegiatan diseminasi buku-buku  cerita anak ini merupakan muara dari serangkaian kegiatan  dari Balai Bahasa Yogyakarta yang berlangsung selama tahun 2023. Kegiatan dimulai dari Sayembara Cerita Anak  berbahasa Jawa  yang berhasil mendokumentasikan sebanyak 97  naskah dari  300 peserta yang terdaftar.

“  Jadi, buku-buku yang kami perkenalkan ini merupakan buku hasil sayembara dari para pemenang yang telah kami selenggatakan sebelumnya. “ ujar Wuri dalam kegiatan Deseminasi  Produk Penerjemahan Balai Bahasa Yogyakarta 2023 di Royal Darmo Malioboro, Selasa (12/12/2023).

Wuri Rochayati — Koordinator KKLP Balai Bahasa Yogyakarta

Baca Juga : Ciptakan Ruang Sastra Lewat FSY 2023

Selanjutnya Wuri menambahkan,  selain Sayembara , BBY  beberapa waktu lalu juga  mengumpulkan para penulis  yang berkompeten untuk  melaksanakan kegiatan pengolahan manuskrip  koleksi BBY menjadi  cerita yang layak dibaca  anak .  Naskah tersebut kemudian diterjemahkan kedalam bahassa Indonesia sehingga buku cerita yang dihasilkan menjadi dua bahasa  dan dilengkapi dengan gambar illustrasi yang berasal dari para ilustrator muda Yogyakarta.

“ Buku yang lolos sebagai pemenang kami cetak , kami  terbitkan  dan kami uruskan ISBN-nya. : ujar Wuri.

Wuri menegaskan karena terbentur aturan lembaga, maka buku  yang terbit tersebut tidak dicetak secara massal sehingga  yang diseminasikan kepada para guru dan pegiat literasi merupakan buku-buku dalam format digital.  Meski demikian, pihaknya berharap buku-buku koleksi dari BBY ini dapat memperkuat literasi di sekolah maupun komunitas Taman Bacaan di DIY.

Baca Juga : Indonesia Mini di Panggung Festival Sastra Yogyakarta 2023

Sementara itu, Kasubag Umum Balai Bahasa DIY  Linda Chandra Ariyani SE,MM menerangkan,   BBY merupakan Balai  Bahasa tertua di Indonesia disamping Jakarta dan Bali.  Lembaga ini bertugas untuk memperkuat literasi berbahasa di wilayah Yogyakarta.

BBY mempunyai 3 program unggulan yaitu literasi  sastra dan kebahasaan,  perlindungan bahasa dan sastra dan internasionalisasi bahasa Indonesia.  Dan kegiatan penerjemahan merupakan salah satu dari kegiatan internasionalisasi bahasa dan sastra Indonesia.

Baca Juga : Pasar Buku Sastra, Tidak Sekedar Menjual Buku

Sedangkan kegiatan deseminasi buku cerita anak tersebut merupakan salah satu upaya  memberikan variasi bahan bacaan disekolah maupun Taman Bacaan Masyarakat , sehingga dapat mendorong   peningkatan minat baca masyarakat khususnya anak-anak.  Untuk tahun ini, buku  cerita yang diterbitkan terdiri dari 2 jenis  buku yang diperuntukkan bagi pembaca awal usia TK /SD dan pembaca lanjutan  usia SMP.

“ Produk buku cerita ini  diterbutkan untuk mendukung internasionasionalisasi bahasa Indonesia serta serta revitalisasi bahasa daerah “ ujar Linda. (*/Sulist Ds )

 

 

Komentar