Festival Permainan Tradisional  di Gebang Berlangsung Seru

Headline2, Jogja Raya120 Dilihat

Teras Malioboro News —  Sebagai upaya mempromosikan  potensi wisata yang ada di Kawasan Gebang,  Pemerintah Desa Wedomartani  Sabtu (4/11/2023 ) menggelar  Festival Permainan Tradisional.   Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini diikuti oleh puluhan  siswa  sekolah Dasar se – Wedomartani maupun anak-anak wakil Padukuhan  se Wedomartani.

H Teguh Budiyanto selaku Lurah Wedomartani menjelaskan, Festival Mainan Anak Tradisional 2023 merupakan rangkaian dari kegiatan Merti Desa Wedomartani  sekaligus memperingati Hari Jadi Desa Wedomartani yang ke-77.  Kegiatan dipusatkan di Kawasan  Candi Gebang  sebagai upaya memperkenalkan Kawasan Eduwisata Gebang kepada  masyarakat dan wisatawan.

Baca Juga : Taman Pintar Yogyakarta  Luncurkan Zona Nglaras Budaya  

Adapun  jenis permainan tradisional yang dikompetisikan dalam Festival ini antara lain : Gobag Sodor, Lomba Bakiak Beregu serta beberapa permainan tradisional lain.  Kemudian, Festival Permainan Tradisional ini juga dilengkapi dengan Pameran Alat Permainan Anak Tradisional seperti : Ketapel, Kelereng, Mercon Bambu,  Egrang,  Lompat Tali dan lain-lain.  Beberapa anak  yang hadir dalam festival tersebut terlihat sangat antusias untuk mencoba berbagai alat permianan tradisional tersebut.

Selain Festival Permainan   Pemainan Anak Tradisional, lanjut Teguh, kegiatan Merti Desa Wedomartani ini berlangsung selama 7 hari yang terdiri dari  beberapa kegiatan seperti  Gelar Seni dan Budaya, Gelar Potensi UMKM, sedang puncak kegiatan berlangsung pada 11 November 2023 yang dimeriahkan dengan Kirab Budaya, Pentas Seni Kethoprak RRI Yogyakarta dan Parade Hadroh .

Baca Juga : Mekar Fun Kit ,  Mainan Edukatif  Berbahan  Sampah Anorganik 

“ Selain Candi Gebang, kawasan disini mempunyai beberapa potensi wisata lain  yang layak dikunjungi seperti Penangkaran Burung Unta dan Unggas Hias,  Embung Tambak Boyo serta beberapa objek wisata lainnya.  Karena itu, Festival itu merupakan salah satu upaya rintisan perwujudkan Desa Wedomartani sebagai salah satu Desa Wisata di Kapanewon Ngemplak. “ ujar Teguh disela-sela kegiatan Festival.

Teguh berharap ,  Festival Permainan Tradisional 2023 mampu menjadi sarana edukasi kepada anak-anak agar lebih mengenal jenis permainan asli Nusantara. Sebab selama ini sebagian besar anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan  bermain gadget.

Disamping itu, Festival ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi  antar warga sehingga rasa persatuan dan guyub rukun  dapat terjalin lebih erat. Oleh karena itu, untuk kedepan Teguh berencana untuk membangun kawasan permainan tradisional ini sebagai bagian dari pengembangan Desa Wisata  yang ada di Gebang dan sekitarnya.  (*/SDs )

Komentar