Mekar Fun Kit ,  Mainan Edukatif  Berbahan  Sampah Anorganik 

Headline2, Pendidikan262 Dilihat

Teras Malioboro News —  Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY  punya cara unik untuk memanfaatkan sampah anorganik . Mereka  berinovasi  membuat permainan edukatif   untuk anak-anak. \

Selain untuk mengurangi kebiasaan anak bermain gadget, permainan ini juga dimaksudkan  sebagai kampanye  cinta lingkungan.

Mainan itu dinamakan ” Mekar Fun Kit ”, yang dibuat dengan memanfaatkan botol plastik  dan kain perca sebagai bahan utama dalam pembuatannya .

Menurut Fathun Ayuba , gagasan awal membuat alat permainan  dari sampah organik  didasari  maraknya permasalahan sampah di DIY. Padahal jika sampah tersebut ditangani sejak dari rumah, diyakini  dapat mengurangi volume sampah yang di buang di tempat sampah.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Rancang Balancing Bike Dari Serat Rami

“Banyak masyarakat yang belum sadar terhadap hal tersebut, sehingga sampah menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST)  ” kata Fathun, Senin (2/10/2023 lalu.

Selanjutnya, mahasiswa kelahiran Kulonprogo, 29 Juli 2002 itu memaparkan ,dalam memanfaatkan sampah masyarakat Indonesia masih kurang kesadaran maupun wawasan mengenai hal tersebut. Walau sudah mulai banyak masyarakat Indonesia yang mulai memilah sampah namun hanya berhenti disitu saja, belum banyak yang menyalurkan ide kreatifnya untuk membuatnya menjadi sesuatu yang berharga. Sehingga sampah yang diolah umumnya hanya menjadi hiasan atau barang yang kurang fungsional.

Talitha Rasendria Nugraheni menambahkan, alat  yang mereka buat ditujukan untuk anak usia 3-5 tahun.  Alat tersebut juga bisa dipakai sebagai media pembelajaran guna menstimulasi berbagai perkembangan anak usia dini, utamanya perkembangan motorik halus anak saat menyelesaikan karya yang ada.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UNY  Berinovasi Membuat Perangkap Lalat Buah Sederhana

”Dengan media berkarya tersebut juga dapat memberikan lapangan pekerjaan pada pemulung di sekitar Yogyakarta untuk dapat memilah lagi sampah yang akan diolah sebagai bahan media. Dengan adanya berbagai benefit tersebut Talitha berharap Mekar Fun Kit dapat Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat Mekar Fun Kit adalah botol plastik, kain flannel dan kain perca, mata ikan, lem kayu, perekat Velcro serta cat akrilik.

Cara membuatnya.,  pertama siapkan botol plastik lalu dicat menggunakan cat akrilik warna putih sebagai warna dasar. Untuk membuat celengan botol dilubangi di samping atas dan jika digunakan untuk tempat pensil botol dipotong seperempatnya. Kain flannel di potong sesuai dengan keliling botol dan diberi perekat pada ujungnya. Kemudian dipackaging dan diberi label merk. (*/SDs )

Komentar