Mahasiswa KKN UNY  Berinovasi Membuat Perangkap Lalat Buah Sederhana

Headline1, Pendidikan146 Dilihat

Teras Malioboro News –Mahasiswa KKN UNY Reguler  Kelompok  8380,  yang berlokasi di Dusun Bengkak, Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul membuat perangkap lalat buah sederhana dengan petrogenol. Mereka adalah M. Azhari Ramadhan (Ilmu Sejarah), Andika Chandra Yudhatama (Teknik Manufaktur), Rizqi Khoirunnisa Windari (Administrasi.Publik), Salsabila Firda Azizah (Manajemen), Vara Dela Denis Saputri (Sastra Inggris), Devi Qusnul Qotimah (Manajemen), Hilmi Ardian Permana (Fisika), Aulia Nur Haliza (Sastra Indonesia) dan Fatonah Azahro Anhar (Biologi).

Menurut Ketua Kelompok KKN M. Azhari Ramadhan proyek perangkap lalat buah ini berdasarkan informasi dari petugas penyuluh pertanian Kalurahan Kanigoro, Gunung Kidul tentang masalah serangan lalat buah yang merusak hasil panen petani di desa Bengkak. “Kami mengadakan pertemuan dengan para petani setempat dan mendengarkan cerita mereka tentang betapa merusaknya serangan lalat buah terhadap buah-buahan mereka” ungkapnya, Rabu (27/9).

Dijelaskannya,  petrogenol berasal dari hormon seksual lalat betina. Dengan menggunakan botol plastik bekas dan menambahkan petrogenol ke dalam botol, mereka berhasil merancang perangkap lalat buah  yang efektif. Setelah perangkap-perangkap ini selesai dibuat, para mahasiswa KKN mulai menempatkannya di kebun-kebun petani yang terkena serangan lalat buah.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Rancang Balancing Bike Dari Serat Rami

“Proyek ini tidak hanya membantu para petani melindungi hasil panen mereka, tetapi juga memberikan contoh tentang bagaimana pendidikan tinggi dapat berdampak positif pada komunitas lokal” paparnya. Dengan kerja sama dan semangat kebersamaan, para mahasiswa berhasil memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. “ ujarnya.

Salsabila Firda Azizah berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat menjadi lebih bersemangat dalam bertani dan meningkatkan produktivitas lahannya agar nantinya lahan mereka bisa dimanfaatkan secara optimal serta menghasilkan pendapatan yang cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat dusun Bengkak.

Komentar