KFF 2023, Angkat Potensi Batik dan Lurik Klaten ke Tingkat Dunia

Puluhan Designer Klaten Tampilkan Karya Terbaik

Teras Malioboro News, Klaten –    Sebagai upaya mempromosikan potensi  batik dan lurik di Kabupaten Klaten,  Komunitas Fashion Designer Klaten ( Fadeska ) bekerjasama dengan  Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten  menggelar kegiatan Klaten Fashion Festival  (KFF) 2023.

Kegiatan yang berlangsung pada 5-6 Agustus 2023 di  Monumen Juang 1945 ini melibatkan  puluhan  perancang busana  Klaten dan disemarakkan dengan  berbagai lomba , Talkshow dan pameran UMKM.

Astrid Ediati selaku Ketua Fadeska menjelaskan,  KFF 2023 merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Klaten.  Festival  ini mengusung thema ” Local Identity ” dengan maksud agar potensi daerah yang ada di wilayah Klaten dapat terangkat ke permukaan.  Untuk itu, KFF 2023 ini dikemas  secara meriah dengan berbagai lomba.

“ Nantinya ada beberapa lomba seperti  lomba  fashion show anak, lomba line dance  dan lomba rancang busana.  Antusias masyarakat ternyata luar biasa untuk mengikuti lomba-lomba ini sehingga melebihi target yang kami tetapkan. “ ujar Astrid kepada wartawan Rabu (2/8/2023)

Baca Juga : Lanny Amborowati  Pamerkan Busana  Bertema “Retro Chic”

Dijelaskan Astrid,  target awal untuk  peserta lomba hanya 30 peserta tetapi sampai akhir waktu pendaftaran akhirnya  terdapat 60 peserta dan dari jumlah peserta tersebut panitia menyeleksi secara ketat menjadi 10 peserta yang nantinya akan tampil dalam babak Final.

Sedangkan untuk Lomba Fashion Anak-anak, mereka menampilkan baju masing-masing yang bernuansa etnik. Para peserta   kemudian dinilai dari sisi keharmonisan  dan keluwesan dalam berbusana.

Sementara itu, Ketua Panitia KFF 2023 Melati Soedjarwo menambahkan,  promosi potensi wilayah tidak hanya ditunjukkan dalam pagelaran tetapi sudah dimulai sejak awal yaitu melalui kegiatan pemotretan yang dilakukan di beberapa destinasi wisata unggulan Klaten. Hal ini dilakukan bukan saja untuk mempromosikan busana tetapi juga untuk mempromosikan destinasi wisata.

“  Salah satu tempat pemotretan yang kami pakai adalah  Kawasan Gir Pasang dan Bukit Sidaguro.  Ini kami lakukan agar kawasan wisata di Klaten juga dapat terangkat. ” ujar Melati.

Baca Juga : Abhinaya Karya,  Potret Seorang Ibu Dimata  Para  Perupa

Ditegaskan Melati,  Klaten Fashion Festival 2023   merupakan  pertama kali  dengan persiapan yang sangat singkat. Niat utama dari kegiatan ini  semata-mata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi  dari sektor UMKM khususnya bagi para perajin busana di Klaten, sehingga kedua produk kerajinan ini dapat lebih dikenal  bukan hanya oleh konsumen dari dalam negeri tetapi  mampu mengantarkan produk  kerajinan Batik dan Lurik  menembus pasar manca negara.

Kali ini  Pagelaran Klaten Fashion Festival 2023  melibatkan lebih dari 50 fashion designer Klaten untuk memperkenalkan Batik dan Lurik Klaten Mendunia..

Melati berharap   KFF 2023 mampu meningkatkan secara kwantitas maupun kwalitas industri fashion serta  secara profsional mempromosikannya kepada masyarakat sehingga  Pagelaran Klaten Fashion Festival  dapat menjadi tolak ukur dalam pertumbuhan ekonomi industri fashion di Klaten  ,  menambah kunjungan di sektor pariwisata di Klaten dan juga pertumbuhan perekonomian masyarakat perajin busana  di klaten  (* )

 

Komentar