Konser Kamardikan 2023 Menutup Rangkaian Pameran Narawandira

Teras Malioboro News – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat  Sabtu (26/8/2023) lalu menggelar Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra. di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti (area Plataran Kamandhungan Lor) Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Konser Kamardikan 2023 Yogyakarta Royal Orchestra ini akan menjadi momentum yang istimewa karena sekaligus menutup rangkaian acara Pameran Narawandira: Keraton, Alam, dan Kontinuitas yang digelar sejak Maret 2023 lalu.

KPH Notonegoro selaku  Penghageng Kawedanan Kridhamardawa yang menaungi Yogyakarta Royal Orchestra menjelaskan, Konser  menghadirkan 13 repertoar. Gendhing Gati Mardika sebagai pembuka akan hadir dengan berkolaborasi bersama Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa, disusul lagu Api Kemerdekaan; Bambu Runcing; Dirgahayu Indonesiaku; Simfoni Raya Indonesia; Rayuan Pulau Kelapa; Melati Suci; Indonesia Pusaka; Lagon Semangat Juang 45; Api Revolusi; Tanah Tumpah Darahku; dan Hari Merdeka.

Sebagian besar lagu yang dibawakan dalam Konser Kamardikan 2023 Yogyakarta Royal Orchestra diaransemen oleh ML. Widyoyitnowaditro, sedangkan beberapa repertoar yang menghadirkan permainan gamelan yaitu Lagon Semangat Juang 45 dan Api Revolusi digarap dengan MRy. Susilomadyo selaku panata gendhing. Konser yang dipimpin RW. Widyogunomardowo selaku conductor atau pengaba ini dapat disaksikan oleh masyarakat secara hibrida.

Baca Juga : Ini Pesan GKR Mangkubumi Untuk Para Mahasiswa Baru UNY

Berbeda dengan  tahun lalu, Konser Kamardikan tahun ini digelar pada akhir bulan agar nuansa Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia senantiasa terjaga kemeriahannya.

“ Disamping  merayakan Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Konser ini juga akan menjadi momentum untuk secara resmi menutup Pameran Narawandira sekaligus mangayubagya atau menyambut peringatan Hari Keistimewaan DIY yang diperingati setiap tanggal 31 Agustus,” terang KPH Notonegoro dalam rilis media yang baru diterima redaksi pada Minggu (27/8/2023 )

Baca Juga Jogja Historical Orchestra Awali Rangkaian Kotabaru Heritage Festival 2023

Selain dihadiri tamu undangan, masyarakat yang telah melakukan reservasi dan mendapatkan e-tiket bisa menyaksikan langsung di lokasi pementasan. Namun, bagi yang belum berkesempatan menyaksikan langsung dan berada di luar Yogyakarta, dapat menyaksikan juga secara daring melalui kanal Youtube Kraton Jogja.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra tahun ini menjadi konser yang istimewa,  karena Kraton Yogyakarta memberikan kuota untuk masyarakat umum yang lebih banyak daripada tahun sebelumnya.  (*/SDs )

 

 

Komentar