Mahasiswa UNY Olah Gedebog Pisang Jadi Keripik Lezat

Headline2, Pendidikan306 Dilihat

Teras Malioboro News —  Selama ini orang hanya memanfaatkan buah pisang , sementara batang pisang ( gedebog ) Pisang hanya dibuang sebagai limbah.  Padahal batang pisang  ternyata dapat diolah menjadi makanan ringan yang sangat lezat.

Hal itulah yang dilakukan  para mahasiswa KKN UNY di Desa Bojong, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo yang terdiri dari  Yustina Rahma Sari, Linda Oktafianingsih, Brina Gamelisa, Kiki Adisti, Rahayu, Tiar Rahmasanti, Arief Kurniawan, Fani Maulana, Muhammad Raihan A dan Tria Adelia . Mereka  mengolah batang pisang menjadi kripik yang renyah dan lezat.

Menurut  mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Yustina Rahma Sari , olahan batang pisang masih belum banyak dilakukan oleh masyarakat. Oleh karena itu, inovasi olahan batang pisang ini diharapkan dapat menambah nilai ekonomis  serta mengurangi limbah batang pisang.

gedebog pisang ( Foto : pixabay.com )

Baca Juga : Mahasiswa UNY Olah Sukun Jadi Cesupa Cake. Begini Cara Membuatnya..

” Sasaran kami kepada ibu-ibu PKK, semoga dapat   menambah pengetahuan dalam memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar. ” ujar Yustina seperti dikutip dari laman resmi uny.ac.id.

Ditambahkan Yustina, pada masa KKN ini selain itu memberikan pelatihan pembuatan keripik debog pisang  ini  kepada ibu-ibu PKK di Desa Bojong , para mahasiswa juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan skill atau keterampilan dalam berwirausaha .

Sementara itu, mahasiswa Prodi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Linda Oktavianingsih menambahkan bahwa batang pisang bermanfaat sebagai detoksifikasi sistem pencernaan, menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol dan tekanan darah, menyembuhkan asam lambung serta menstabilkan gula darah. Kandungan nutrisi yang dikandung batang pohon pisang adalah Tannin, Saponin, dan Flavonoid.

“Ketiga jenis senyawa kimia tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita dan batang pohon pisang juga kaya akan serat dan kandungan vitamin seperti Vitamin A, B dan C, serta juga kaya akan nitrogen dan kalium. ” ujar Linda.

Baca Juga : UNY Awali Kerjasama Dengan 5 Universitas Ternama di Kazakhtan

Untuk membuat kripik batang pisang disarankan memanfaatkan batang pisang bagian dalam dan dari pohon pisang yang sudah pernah berbuah. Bahan yang dibutuhkan batang pisang/ pelepah, kapur sirih, tepung tapioka, tepung beras, bawang putih bubuk, lada bubuk, garam, dan minyak goreng. Cara memasaknya, pertama kali potong batang pisang dan ambil bagian dalam/ serat batang dengan cara disisir atai diseset hingga terlihat lembaran seperti kassa. Kemudian rendam potongan debog ke dalam larutan air kapur sirih selama 1 jam hingga maksimal 1 hari.

Fungsi perendaman ini adalah untuk menghilangkan getah dan rasa pahit dari batang pisang” kata mahasiswa sastra Indonesia Fakultas Bahasa Seni dan Budaya tersebut. Setelah direndam, cuci bersih hasil rendaman menggunakan air.

Campurkan tepung tapioka, tepung beras, bawang putih bubuk, dan semua bahan lalu dimasukkan hasil rendaman batang pisang ke dalam tepung yang telah dicampurkan. Panaskan minyak goreng, masukkan batang pisang lalu digoreng. Setelah digoreng, keripik bisa dicampuri dengan bumbu-bumbu seperti balado maupun barbeque dan keripik gedebog pisang siap dinikmati sembari minum teh hangat atau kopi.  (*/SDs)

Komentar