MPLS Ala SD Muhammadiyah Notoprajan. Siswa Sehat, Kampung Bersih.

Teras Malioboro News – Memasuki hari ke-5 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) , SD Muhammadiyah Noto Prajan melaksanakan kegiatanjalan sehat pada Kamis (13/7/2023). Selama perjalanan, para siswa juga memungut sampah yang ditemui dijalan dan mengumpulkannya dalam kantong plastik besar.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Noto Prajan, Asrofi Taktana, mengungkapkan   program MPLS ini  sejalan dengan upaya SD Muhammadiyah Notoprajan dalam menjalankan program adiwiyata. Oleh karena itu, selain mengajarkan siswa untuk hidup sehat, MPLS ini juga mendidik siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“ Kami berusaha menamkan budaya hidup bersih dan sejat sejak dini, agar para siswa terbiasa. ” ujar Asrofi kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Selanjutnya Asrofi menjelaskan, kegiatan memunguti sampah sepanjang perjalanan tersebut dilakukan guna melatih  siswa  agar dapat lebih peka terhadap kebersihan lingkungan dan menyadari tanggung jawab bersama dalam menjaganya.  Oleh karena itu, apa yang diajarkan dikelas langsung dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Jangan Ada Bulliying dan Perploncoan di Masa MPLS

\Acara  jalan sehat  SD Muhammadiyah Notoprajan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Setiap kelas diwajibkan membawa dua plastik sampah yang telah dikategorikan antara putra dan putri.

Setelah sampai sekolah, para siswa diberikan materi mengenai  tata cara pengelolaan sampah, yaitu memilah sampah, mengguna ulang barang yang masih berguna, mengurangi sampah, mendaur ulang, menolak produk sampah, dan menjadi anggota bank sampah.

Melalui kegiatan ini, para siswa juga lebih mengenal lingkungan sekitar sekolah, termasuk RT dan RW tempat sekolah berada. Kepentingan untuk mengenal sekolah sebagai rumah kedua sangat ditekankan, mulai dari mengetahui nama jalan sekitar sekolah hingga fasilitas umum yang ada di sekitarnya

. Asrofi Taktana berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sejak dini dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap lingkungan sekitar. (*/)

 

Komentar