Puluhan Alutsista TNI- Polri Dipamerkan di JCM

Sambut HUT RI ke 78.

Teras Malioboro News — Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Jogja City Mall kembali menghadirkan Independence Day Military Expo (IDME) 2023. Pada kesempatan ini puluhan persenjataan dan alat perang milik TNI dan Polri dipamerkan secara terbuka di mall.

Pameran yang berlangsung hingga 13 Agustus 2023 di area Drop Off dan Pedestrian Jogja City Mall ini sangat menarik perhatian pengunjung. Selain melihat-lihat banyak juga pengunjung mall yang melalukan swa-foto dengan latar belakang kendaraan perang.

Annisa Alya Salsabilla selaku Public Relation Jogja City Mall menyampaikan, pameran IDME merupakan pameran tahunan yang dilakukan setiap bulan Agustus. Namun, untuk IDME 2023 ini terasa lebih spesial .

Selain menampilkan berbagai kendaraan tempur dan senjata ringan yang dimiliki oleh para matra seperti Anoa, Truck Reo, Meriam Tarik, Tarantula, dan Panhard dari TNI AD; Aerotex X1, Simulator Kokpit, dan Jabiru dari TNI AU; dan perahu karet dari TNI AL, tetapi tidak ketinggalan Polri turut berpartisipasi dengan memajang kendaraan kepolisian seperti: ATV, UTV, Rantis SAR, dan Jetski dari Polairud Polda DIY; Samapta Polda DIY memamerkan Rantis SAR dan APC serta Satbrimob DIY memamerkan Rimueng, Barracuda, dan Maung.

Baca Juga : Ini Agenda Jogja City Mall Agustus 2023. Penuh Banget..

Adanya IDME 2023 dapat dijadikan sebagai platform edukatif yang berkontribusi dalam memperkenalkan alat-alat pertahanan dan keamanan negara kepada warga Jogja.

“ Dibanding tahun sebelumnya, pameran alutsista kali ini lebih lengkap. ” ujar Alya dalam rilis yang diterima redaksi Sabtu (12/8/2023)

Ditambahkan Alya, selain kendaraan tempur, pameran ini juga menampilkan booth-booth matra yang memamerkan senjata ringan pertahanan milik TNI-Polri. Dari Yonif 403 menampilkan senjata ringan seperti: SMB CIS, GPMG CIS, SPR 2, SPR 1, SS 2, dan lainnya. Bataleon Armed 3/105 menampilkan senjata SO Kaliber, SS2 V 5, Meriam, dan alat pendukung Meriam seperti optik Meriam.

Baca Juga : Saatnya Belanja ! 7 Mall Di Yogyakarta Pekan Ini Obral Diskon Hingga 78 Persen.

Untuk Pangkalan TNI AL Yogyakarta, tidak hanya memamerkan senjata mereka berupa SS1 dam SS2, alat selam Mark V Mod I, dan lainnya. Dari Polairud, memboyong alat pendukung untuk penyelaman seperti: Driver Alarm (systen para penyelam untuk berkomunikasi), Under Water Monitoring Drone, Terminal imaging camera (untuk mengukur suhu tubuh), dan masih banyak lagi.

Kemudian dari Brimob memajang senjata HS-9, SIG Sauer P-320, AK 102, Styer Aug, SAGL, OOW GAG M249, dan masih banyak lagi. Dari Samapta mereka memamerkan flasball gas air mata dan berbagai jenisnya yang ditampilkan dengan detail.

Baca Juga : Ribuan Wota Rela Nongkrong di Mall  Seharian Demi  JKT 48

Pada hari pembukaan IDME 2023, Jogja City Mall menghadirkan berbagai pertunjukan menarik dan seru seperti: Progo Police Band, Marching Band Drum Corps Ayodhya Karta PDBI Yogyakarta, Lanal Band, Yonis Mekanis 403, Teater Juang 45, dan masih banyak lagi. Antusias pengunjung yang hadir semakin bertambah dengan adanya atraksi Fly Pass dari FASI Jogja Flying Club yang melintas dengan cantik di langit Jogja City Mall.

Dengan adanya IDME 2023, Jogja City Mall mengajak masyarakat Jogja bersama-sama merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan turut serta mengapresiasi dedikasi para TNI dan Polri (*)

Komentar