UNY Buka Program D4 Pengobatan Tradisional Indonesia.

Headline1, Pendidikan128 Dilihat

Teras Malioboro News — Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta membuka program studi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI). PTI merupakan prodi yang sangat menarik perhatian masyarakat, karena pengobatan tradisional memiliki tempat yang istimewa dalam budaya dan tradisi bangsa Indonesia.

Menurut Kepala Department Olahraga dan Kesehatan merangkap Koordinator Program Studi Pengobatan Tradisional Indonesia UNY Prof. Ali Satia Graha mengatakan,  lulusan Prodi PTI memiliki kompetensi dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi tenaga kesehatan dan pengusaha yang terampil dalam bidang pengobatan tradisional Indonesia, dengan fokus pada masase terapi, terapi latihan, budidaya tanaman dan pengolahan ramuan herbal, serta kewirausahaan.

“Selain itu juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat yang mempekerjakan lulusan, serta membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pengobatan tradisional yang efektif dan efisien” ujar Ali , Selasa (27/2/2024).

Selanjutnya, Pria kelahiran Garut 16 April 1975 tersebut mengungkapkan , beberapa mata kuliah utama pada prodi ini diantaranya Dasar-dasar Pengobatan Tradisional, Botani Herbal, Terapi Masase Bayi dan Anak Usia Dini serta Akupuntur.

“Dasar-dasar Pengobatan Tradisional membahas tentang metode-metode pengobatan alternatif yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode tradisional, seperti akupunktur, pijat, herbal, dan terapi energi” kata Ali.

Baca Juga : Ribuan Dosen Senam Bersama Awali Kegiatan Dies Natalis UNY

Dijelaskan Ali, selama menjalani pendidikan mahasiswa akan diberikan pengetahuan mengenai prinsip dan konsep dasar, jenis-jenis pengobatan, penggunaannya untuk mengatasi penyakit dan kondisi medis, keamanan, efektivitas, dan etika. Mata kuliah ini penting bagi mahasiswa yang tertarik dalam bidang pengobatan alternatif dan dapat membantu pasien dalam memilih pengobatan yang tepat.

Selain itu, mahasiswa juga dibekali mengenai  pengetahuan Botani Herbal  dan akupuntur. Botani Herbal  mempelajari tanaman obat atau tumbuhan herbal dan aplikasinya dalam pengobatan dan kesehatan manusia.  Sedangkan akupuntur adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh manusia.

“ Botani herbal mencakup studi tentang sifat kimia dan biologi dari tanaman obat, serta penggunaan tradisional dan modern dari tanaman obat untuk pengobatan penyakit.  Sedangkan  mata kuliah  akupuntur  membahas tentang dasar-dasar teori akupuntur, prinsip-prinsip diagnosis, teknik aplikasi jarum, dan penggunaan metode terapi tambahan seperti moxibustion dan pijat akupunktur. “ ujar Ali.

Ditegaskan Ali, bagi calon mahasiswa yang berminat, pendaftaran program studi ini dilakukan  melalui jalur SNBP, SNBT maupun Seleksi Mandiri dengan kuota total sebanytak 40 calon mahasiswa. (*/Sulist Ds )

Komentar