Keluargaku adalah Surgaku

Payung Peneduh

Headline1, Oase362 Dilihat

Teras Malioboro News – “Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku.” (HR. At Tirmidzi)

Hadist di atas, mungkin saja menjadi salah satu sumber pijakan ungkapan yang terkenal. Baiti jannati : rumahku adalah surgaku. Keluargaku adalah surgaku.

Apalagi, kita diajarkan doa, mengemis pinta kepada Allah, agar dilimpahkan pasangan dan anak keturunan yang meneduhkan hati. Kemudian berjalan bergandengan tangan meneguhkan ketaqwaan. Supaya Allah pantaskan kita, menjadi imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Baca Juga : Rendahkan Hati, Tundukkan Ego

“Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami). Jadikanlah kami pula, pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. 25 : 74)

Orang-orang yang berdoa demikian dan berupaya mewujudkannya dengan penuh kesabaran, semata-mata karena Allah. Tersebab, hanya mengharap Ridho dan Rahmat Allah. Mereka digolongkan sebagai hamba Allah yang memperoleh balasan surga. Masuk ke dalamnya dengan penuh penghormatan dan keselamatan.

“Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas kesabaran mereka, dan di sana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam.” (QS. 25 : 75)

Baca Juga : Tunduk dan Patuh Kepada Allah

Senafas dengan itu, sejak dini, Allah telah memberi peringatan kepada kita agar berikhtiar menjaga diri dan keluarga dari duka nestapa. Tentu saja, yang paling berat dan menyayat, dari siksaan dan azab neraka.

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah…” (QS. 66 : 6)

Akhirnya, kita diajarkan doa yang indah. Dapat hidup bahagia di dunia maupun di akhirat bersama keluarga tercinta. Dijauhkan pula dari pedihnya siksa neraka.

“Dan di antara mereka ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. 2 : 201)

Salam teduh : Ustadz Sujarwo

Komentar