Semarakkan Dies Natalis UNY, Pasar Kangen Masuk Kampus  

Sajikan Bazaar Kuliner dan  Pentas Seni Tradisi.

Headline1, Pendidikan124 Dilihat

Teras Malioboro News — Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar kegiatan Pasar Kangen sebagai bagian dari perayaan Dies Natalis ke-60 UNY. Acara  ini berlangsung  mulai Jumat-Minggu, (17-19/5/2024) dan terbuka untuk umum.

Pasar Kangen UNY mengusung tema ‘Transformasi Budaya Kerja, Menguatkan UNY PTN-BH’. Kegiatan ini  digelar  di  Kampus UNY Karangmalang, Yogyakarta, diikuti oleh ratusan pedagang  kuliner  dan barang antik dari Jogja dan sekitarnya.  Hari Jumat mulai pukul 15.00 hingga 22.00, dan pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 07.00 hingga 22.00

Ketua Dies Natalis ke-60 UNY Prof. Dr. Mukhamad Murdiono, S.Pd., M.Pd. menuturkan pasar Kangen UNY mewadahi kebudayaan masyarakat, terutama masyarakat Yogyakarta yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal. Kebudayaan itu harus terus dikembangkan seiring kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Kegiatan ini juga menjadi simbol menyatunya kehidupan yang bersumber dari nilai-nilai kampus, keraton, dan kampung, yang mencirikan keistimewaan Yogyakarta.

“Pasar Kangen UNY adalah replika dari pasar tradisonal yang di dalamnya melibatkan berbagai elemen masyarakat secara luas. Secara khusus Pasar Kangen UNY sebagai bentuk komitmen UNY yang nyawiji  dengan masyarakat  menuju harmoni kehidupan berkelanjutan,” papar Prof Murdiono, Jumat (17/5/2024).

Baca Juga : Ribuan Dosen Senam Bersama Awali Kegiatan Dies Natalis UNY

Dijelaskannya,  Pasar Kangen UNY melibatkan lebih dari 200 tenant yang menawarkan berbagai produk unik yang mulai langka dan sulit ditemukan di tempat umum. Produk yang ditawarkan mulai dari jajanan lokal tradisional hingga aneka permainan tradisional. Semua produk yang dijual dipasarkan dengan harga maksimal Rp20.000.

Untuk memeriahkan acara, beragam hiburan juga akan dihadirkan. Beberapa penampil seperti Yuliono Singsot, Damar Patung Pantomim, serta hiburan kesenian dari mahasiswa UNY seperti penampilan dari mahasiswa Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), penampilan dari beragam unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan dari himpunan mahasiswa yang ada di lingkungan UNY.

Selain hiburan, Pasar Kangen UNY juga menyelenggarakan berbagai lomba, antara lain lomba mewarnai untuk anak usia 5-7 tahun, lomba makan nasi kucing untuk umum, lomba lempar seng, lomba menyanyi untuk mahasiswa UNY, dan lomba nasi goreng untuk civitas akademika UNY.

Murdiono berharap, acara ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk merasakan dan menghargai kearifan lokal serta memperkuat hubungan antara universitas dan masyarakat sekitar. (*/SDs )

 

Komentar