Siapa Capres yang Paling Unggul? Saksikan Perdebatannya Malam ini Pukul 19.00

Headline1, Politik70 Dilihat

TERAS MALIOBORO NEWS – Selasa malam ini pukul 19.00 WIB, 12 Desember 2023, akan digelar debat perdana calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024.

Semua capres akan didampingi para calon wakil presiden (cawapres) masing-masing dengan durasi 150 menit. Debat capres-cawapres akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi dan radio secara bergantian.

Dengan durasi 150 menit tersebut masyarakat akan menyaksikan wawasan, gaya, pemikiran serta visi-misi para capres. Siapa yang paling unggul maka masyarakat yang menilainya.

Zulhas : Dukungan  Capres PAN, Tunggu   Hasil Rapat Partai.

Komisioner KPU RI August Mellaz menyebutkan, jadwal debat capres-cawapres 2024 yaitu :

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023
Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024
Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Adaoun stasiun televisi dan radio yang menyiarkan yaitu :
• Debat Pertama: TVRI dan RRI
• Debat Kedua: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV
• Debat Ketiga: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV
• Debat Keempat: SCTV, Indosiar, dan MetroTV
• Debat Kelima: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Tak Mengakomodir Keinginan Publik

Sementara itu, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan, durasi debat capres-cawapres selama 150 menit memang tidak dapat mengakomodir keinginan publik secara menyeluruh.

“Iya, enggak akan bisa mengakomodir semuanya. Karena itu Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) mengundang, (diskusi) Apindo ini melengkapi cerita-cerita soal debat yang sifatnya formal,” kata Ganjar usai menghadiri acara Apindo di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin 11 Desember 2023.

Ratusan SPBU Terkena Sanksi, Pertamina Tegas Soal Penyaluran BBM Bersubsidi

Terkait debat perdana, Ganjar mengatakan bahwa dirinya akan berpedoman pada visi-misi dalam dokumen Ganjar-Mahfud Md.

“Karena ini tema yang pernah dilakukan, kita alami, tinggal kita membicarakan atau fitting (sesuaikan) dengan visi-misi yang ada di dalam dokumennya Ganjar-Mahfud,” kata Ganjar.

Tema Debat

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Timnas AMIN Pastikan 820.000 Posko Rakyat Berdiri Sebelum 14 Februari 2024

Tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi. ***

Komentar