UNY Berkomitmen  Untuk Wujudkan Kampus Hijau

Headline1, Pendidikan195 Dilihat

Teras Malioboro News — Dalam rangka mendukung kelestarian lingkungan dengan menggalakkan penggunaan sepeda di lingkungan kampus. Selain dosen dan tenaga kependidikan, sejumlah mahasiswa juga telah melakukan hal yang sama yaitu menggunakan sepeda sebagai tranportasi mereka sehari-hari, bahkan dari tempat tinggalnya yang jauh.

Menurut Ketua Tim Greenmetric UNY Prof. Didik Nurhadiyanto,  sepeda di UNY disediakan secara terbatas dan ditaruh  pada titik tertentu. Sepeda  dapat digunakan civitas akademika UNY untuk transpotrtasi  guna menunjang kuliah maupun keperluan akademik lainnya.

Baca Juga : Mahasiswa UNY Olah Kayu Cengkeh Menjadi Kerajinan  Artistik

Selain itu , UNY juga menyediakan shuttle bus untuk transportasi antar kampus dari Wates dan Gunungkidul ke Kampus Pusat UNY serta electric car untuk mobilitas dalam Kampus Pusat UNY.

“ Hal ini merupakan komitmen UNY terhadap kelestarian lingkungan hidup . Selain penyediaan sepeda komitmen juga diwujudkan dalam beberapa inisiatif, seperti penggunaan sumber energi terbarukan, seperti panel surya dan biogas, penerapan sistem pengelolaan sampah yang meliputi pengomposan dan daur ulang, promosi transportasi ramah lingkungan seperti sepeda dan kendaraan listrik, pengembangan ruang hijau di kampus dan integrasi pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum. “ ujar  Didik  dalam rilis media yang diterima redaksi Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga : Puluhan Kendaraan Dinas UNY  Dikenai  Uji Emisi  Gas Buang

Ditambahkan Didik, Komitmen UNY terhadap kelestarian lingkungan merupakan cerminan misinya untuk menjadi universitas terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas berkomitmen untuk mengembangkan lulusan yang sadar akan tantangan lingkungan yang dihadapi dunia dan dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengatasi tantangan ini.

Sementara itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Istianah juga menggunakan sepeda dari tempat kost di Condongcatur ke UNY setiap hari menempuh jarak 2,5 kilometer. Menurutnya dengan menggunakan sepeda selain menghemat pengeluaran trasnportasi bagi anak kost sepertinya, juga lebih menyehatkan tubuh karena sekaligus berolahraga. (* /SDs )

 

Komentar