UNY  Dinobatkan Sebagai Perguruan Tinggi Informatif Versi KIP

Headline1, Pendidikan145 Dilihat

Teras Malioboro News — Universitas Negeri Yogyakarta meraih penghargaan tertinggi dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 sebagai Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan kategori informatif dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik  2023 pada Rabu (14/12) di Istana Wakil Presiden RI. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat Dr. Donny Yoesgiantoro dan diterima Rektor UNY Prof. Sumaryanto.

Wakil Presiden RI dalam sambutannya mengatakan,  keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan sekaligus salah satu penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi. “Saya berkeyakinan bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat” kata   Ma’ruf Amin seperti dikutip dari rilis yang diterima redaksi, Rabu (20/12/2023)

Baca Juga : UNY Terima 123 Mahasiswa Internasional dari 16 Negara

Ditambahkan Ma’ruf,  setelah lebih dari satu dekade berupaya membangun sistem keterbukaan informasi publik telah banyak capaian yang diraih. Diinformasikan juga bahwa survey PBB tahun 2020 menempatkan Indonesia sejajar dengan sederet negara maju dalam perolehan yang sempurna atas indeks keterbukaan data pemerintah.

Ma’ruf  berharap dengan pemenuhan layanan informasi publik yang jelas dan memuaskan dapat menurunkan angka pengaduan dan sengketa informasi publik.

Wakil Presiden Maruf Amin

Baca Juga : Berkat UNY, Kazakhstan Sukses Menjadi “Kiblat” Pencak Silat di Asia Tengah dan Eurasia

Sementara itu,  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) UNY Prof. Siswantoyo berharap dengan diraihnya predikat Informatif pada keterbukaan informasi publik ini UNY semakin berada pada hati masyarakat Indonesia dan dunia. Selain itu peran UNY untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengakselerasi pencapaian visi misi pemerintah maka UNY siap menjalankan tata laku pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Komentar