14 Mahasiswa PSPPI UNY Terima Gelar Insinyur

Headline1, Pendidikan261 Dilihat

Teras Malioboro News  Sebanyak 14 mahasiswa  Program Studi  Program Profesi Insinyur ( PSPPI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (19/8/2023 ) menerima gelar Insinyur. Pemberian gelar tersebut dilakukan di Ruang Sidang Utama UNY dalam sebuah prosesi pengukuhan dan yudisium.

Acara yang berlangsung meriah ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya, Dekan Fakultas Teknik, Direktur Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi, Kanit Pendidikan Profesi Non-Guru, dan Korprodi PSPPI. Selain itu, turut hadir pula perwakilan dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah DIY.

Prosesi ini dipimpin oleh Ir. Tri Budi Utama, M.T., IPU., ASEAN Eng., selaku Ketua PII Wilayah DIY, Ir. Joko Sumiyanto, M.T., selaku Kepala Bidang Engineering Talent PII Wilayah DIY, dan Ir. Sawariyanto, selaku Direktur Eksekutif PII Wilayah DIY.

Menurut laporan yang disampaikan oleh Direktur DPPK UNY, Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes, dari total 14 mahasiswa yang mengikuti prosesi Yudisium Batch 08 ini, 6 di antaranya meraih predikat cum laude, 7 dengan predikat sangat memuaskan, dan 1 dengan predikat memuaskan.

Baca Juga : UNY Jalin Kerjasama dengan 40 Media di Yogyakarta

Keputusan ini diresmikan dalam Keputusan Rektor UNY Nomor 5.1/UN34/VIII/2023 tanggal 1 Agustus 2023, tentang Yudisium dan Pelantikan Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Negeri Yogyakarta.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Umum dan Sumber Daya UNY, Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd., memberikan uca[an selamat dan sukses kepada 11 lulusan yang mengikuti prosesi yudisium secara luring, dan 3 orang lainnya yang mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting dikarenakan tugas dinas yang membatasi kehadiran mereka di UNY.

Pihaknya berpesan agar para  Insinyur dapat memperluas dan  meningkatkan sinergitas, agar menjadi tenaga teknik handal yang memajukan Indonesia.

Baca Juga : Ini Pesan GKR Mangkubumi Untuk Para Mahasiswa Baru UNY

Sedangkan, Sugiyarta, yang mewakili peserta yudisium,  berharap agar ilmu yang diperoleh selama kuliah di UNY dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Ia juga menyampaikan terima kasih atas fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh dosen dan staff UNY selama proses perkuliahan.

Prosesi yudisium ini melibatkan sejumlah tahapan, termasuk laporan kegiatan oleh Direktur DPPK, pengukuhan oleh Wakil Rektor USD didampingi Dekan FT dan Direktur DPPK, pembacaan Prasetya Alumni oleh Agus Budi Rahayu, pembacaan Kode Etik Insinyur oleh Dwi Rahmanto, dan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Prof. Dr. Marzuki, M.Ag. . (*/SDs )

 

Komentar