Aktivis Menyebut, Mahasiswa Berperan Penting Dalam Menciptakan Kondusifitas Kamtibmas

Headline1, Jogja Raya112 Dilihat

Teras Malioboro News—Sebagai intelektual dan agen of change, mahasiswa memiliki peran penting dan strategis dalam upaya menciptakan kondusifitas kamtibmas. Terutama menjelang berlangsungnya pesta demokrasi Pemilu 2024, maka mahasiswa harus berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah dan Polri dalam upaya menciptakan kondusifitas kamtibmas di wilayah Yogyakarta khususnya, dan nasional umumnya.

Hadir dalam Diskusi Publik bertema “Peran Mahasiswa Dalam Menciptakan Kondusifitas Kamtibmas”, Senin 3 April 2023 silam, aktivis mahasiswa Egidius Ronikung mengatakan, melihat perkembangan situasi regional khususnya di Yogyakarta dan nasional saat ini, maka seluruh elemen bangsa sudah seharusnya menyatukan sikap dan potensi untuk membantu terciptanya kamtibmas.

“Maraknya aksi kejahatan, aksi intoleransi dan juga dinamika kebangsaan, termasuk pro kontra atas berbagai kebijakan pemerintah seperti di sahkannya Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-Undang, semestinya menjadikan sikap kewaspadaan semua pihak. Untuk itulah, kami mendorong berbagai  elemen gerakan mahasiswa yang ada di wilayah Yogyakarta duduk bersama,” kata Egidius Ronikung yang juga KORWIL (Koordinator Wilayah) Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) DIY, sebagaimana rilis yang dikirimkan ke TerasMalioboroNews.com.

Dalam diskusi publik ini, Egidius Ronikung menggandeng para aktivis mahasiswa yang menjadi stakeholder di kampus perguruan tinggi di wilayah Yogyakarta untuk duduk bersama dalam rangka menyikapi perkembangan situasi baik regional maupun nasional.

baca juga:Konsumen Produk Tembakau Diperlakukan Tidak Adil, Pemerintah Abaikan Asas Perlindungan

Egidius mengungkapkan, bahwa permasalahan yang nampak yang sampai saat ini masih berlangsung adalah masihnya maraknya aksi kejahatan, aksi intoleransi dan bentuk aksi lain yang terjadi khususnya di wilayah Yogyakarta tentunya mengganggu stabilitas kamtibmas.

“Aksi kejahatan jalanan sampai saat ini masih marak dan berlangsung di wilayah Yogyakarta  di tambah lagi belum lama ini aksi intoleransi juga terjadi di wilayah Yogyakarta dan viral di medsos.  Melihat perkembangan situasi yang dapat mengganggu stabilitas nasional , mahasiswa sebagai garda terdepan bangsa wajib memberi kontribusi dalam membantu pemerintah dan Polri dalam mewujudkan stabilitas dan kondusifitas kamtibmas,” ungkapnya.

Peran aktif mahasiswa bisa dengan secara masif menjalin sinergitas dengan semua lini terutama Polri dalam menanggulangi dan memutus rantai aksi kejahatan serta penyebaran paham radikal yang mengarah pada aksi intoleransi. Mahasiswa juga harus lebih mengutamakan kajian-kajian akademik dalam menyikapi produk baru dari kebijakan pemerintah.

“Kami mengimbau kepada kawan-kawan aktivis mahasiswa yang menjadi stakeholder di kampusnya masing-masing agar bisa dan mau ikut berperan aktif dalam menciptakan kondusifitas kamtibmas dan mengajak mahasiswa di tiap-tiap kampus di wilayahnya sendiri,” imbuhnya. (suwarjono)

 

 

Komentar