Aturan Seleksi Nasional PMB 2024 Berubah. Begini Penjelasannya  !

Headline1, Pendidikan178 Dilihat

Teras Malioboro News —  Proses  Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sedikit berubah. Seleksi  terbagi menjadi 3 jalur , yaitu Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Menurut Ketua Umum Tim Penanggungjawab SNPMB Prof. Ganefri , dalam PMB 2024 ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Sebab, terdapat 3  perubahan  yang sangat prinsip. Untuk siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024.

Kemudian, Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 juga tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun.  Sedangkan , untuk SNBP setiap siswa dapat memilih 2 (dua) program studi dari satu PTN atau dua PTN.

“ Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Kemudian untuk  peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun” ujar Ganefri dalam rilis media yang diterima redaksi Minggu (10/12/2023) .

Baca Juga : Pendidikan Vokasi Dituntut Menyesuaikan Diri di Era Perubahan

Selanjutnya Ganefri menjelaskan, tahun ini siswa SNBT memiliki kesempatan untuk memilih hingga  4  prodi yang berbeda. Setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).

“Diharapkan peserta bijak dalam mengisi pilihan prodi, pilihlah prodi sesuai minat dan bakatnya, bukan sekadar coba-coba” ujar Ganefri.

Prof.Ganefri,Phd

Baca Juga : UNY  Gelar Pameran Research, Innovation and Industry Expo 2023  

Sementara itu, Kepala Unit Admisi UNY Dr. Setya Raharja mengatakan ,  UNY siap menerima calon mahasiswa baru tahun 2024 melalui jalur SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri. Untuk daya tampung mahasiswa UNY tahun 2024 lebih dari 6000 orang dari setiap jalur, baik dari jenjang S1 maupun D4.

Mengacu data tahun 2023 peminat tertinggi untuk studi lanjut jenjang S1 di UNY dari ke-3 jalur ada pada prodi Manajemen yang diminati oleh 13.762 siswa dan diterima 459 siswa. Sedangkan keketatan persaingan tertinggi ada pada prodi Teknologi Informasi dimana satu kursi diperebutkan oleh 79 calon mahasiswa dan Peminat prodi Teknologi Informasi tercatat 6.327 siswa dan diterima 81 siswa. (*/)

Komentar