Perayaan Ultah Rianty Batik Sedot Pengunjung Malioboro

Headline1, Malioboro95 Dilihat

Teras Malioboro News–Rianty Batik di Malioboro melakukan terobosan baru dalam merayakan ulang tahunnya. Mulai buka pertama kali tahun 2006, salah satu toko batik di Malioboro ini menggelar perayaan HUT ke-16 dengan menggelar event bertajuk “Batik for All Generation” di Kawasan Malioboro.

Selain fashion show, rangkaian kegiatan juga diisi dengan pentas musik, tari-tarian dan dance. Sudah tentu, seluruh pementas mengenakan batik dan busana berakses batik, sebagai bagian dari upaya terus mengenalkan salah satu budaya Nusantara ini ke khalayak.

CEO Rianty Batik, Aditya Suryadinata mengatakan, perayaan ulang tahun yang dikemas dalam sejumlah atraksi di Kawasan Malioboro ini, diharapkan menjadikan batik semakin dikenal luas oleh masyarakat. Bukan hanya warga Yogyakarta, tapi juga bagi para pelancong yang sedang berkunjung ke Kota Batik Dunia ini.

“Ulang tahun kami sebenarnya jatuh tanggal 8 November. Tapi perayaan kami geser menjadi 11 November, pas dengan peak season dan kunjungan ke Malioboro ramai. Supaya apa, supaya makin banyak yang melihat kalau batik menjadi bagian penting dari Jogja dan Indonesia,” kata Aditya, Sabtu (11/11/2023) malam.

baca juga: Bareng Perwakilan dari Belasan Negara, GKR Hemas Membatik di Puncak JIBB

“Batik for All Generation”, menjadi wujud ekspresi seni generasi muda untuk melestarikan batik. Melalui event ini, Rianty Batik ingin mengenalkan batik melalui ekspresi seni yang lebih melekat pada generasi muda melalui kreativitas tanpa batas.

Selain sebagai brand awareness, perayaan anniversary ini juga bertujuan untuk menjadikan batik sebagai identitas sehari-hari, mulai dari anak muda hingga orang tua. Bagi Rianty Batik, event ini juga menjadi ajang pembuktian karya-karya eksklusif mereka ke masyarakat.

“Ada 30 model dewasan dan belasan model anak-anak. Yang paling muda usia 4 tahun. Ini cara kami mengenalkan batik dan menanamkan cinta batik sejak dini ke anak-anak kita. Event ini juga menampilkan fashion show dalam beberapa kategori runway, yaitu Fashion Show Rianty Kids dan Rianty Batik, Fashion Show “Sarimbit Look”, Fashion Show “Office Look”, Fashion Show “Smart Casual”,” lanjut Adit.

Belasan Gerai

Rianty Batik sendiri dirintis oleh orangtua Aditya, Suryadi Suryadinata. Berawal dari satu toko di Jalan Malioboro, gerai Rianty Batik saat ini berkembang pesat menjadi 13 gerai di sejumlah kota besar di Indonesia.

Gerai Rianty Batik bisa ditemui di Medan, Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya. Rianty Batik adalah brand fashion lokal asli Yogyakarta, yang menghadirkan kerajinan batik tradisional ke dalam bentuk rancangan fashion modern dengan tagline “Pesona Budaya Nusantara”.

“Kami terus berinovasi hingga menghasilkan fashion batik dengan kualitas premium dan membuka beberapa cabang di luar kota,” kata Suryadi.

baca juga: KFF 2023, Angkat Potensi Batik dan Lurik Klaten ke Tingkat Dunia

Aditya menambahkan, Rianty Batik memiliki keunggulan dalam hal eksklusivitas karya, karena semua desain dibuat sendiri oleh tim kreatif internal. Koleksi Rianty Batik juga memadukan karya seni dan teknologi, sehingga memiliki kualitas tinggi, awet serta nyaman dipakai. Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, gerai ini terus berinovasi dalam hal melahirkan motif batik dengan beragam kombinasi unik yang selas dengan filosofi budaya dan tren.

“Kebanyakan dari koleksi kami adalah batik untuk family atau keluarga. Jadi batik-batik sarimbit. Tapi sebagai pegiat batik, kami juga terus berupaya menciptakan karya untuk kids dan remaja, Perempuan, couple maupun seragam. Jadi target kami adalah, bagaimana mendorong masyarakat kita semakin terbiasa dan cinta dengan batik. Bukan untuk acara formal semata, tapi juga untuk dikenakan dalam aktivitas keseharian, bahkan untuk berbagai acara dan kegiatan,” pungkas Aditya sembari menyebutkan akan memberikan diskon sebesar 30 persen all item, hingga Minggu 12 November 2023. (Suwarjono)

Komentar