Ujian UTBK UNY Gunakan Metal Detector dan Libatkan Kepolisian.

Animo Masuk UNY Meningkat

Headline1, Pendidikan146 Dilihat

Teras Malionboro  News  —  Sebanyak 15.991 peserta  mengikuti ujian UTBK UNY yang berlangsung mulai Senin (8/5/2023 ) hingga Sabtu (14/5/2023). Dari jumlah tersebut  sebagian besar peserta berasal dari DIY.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Bagian Admisi UNY,  animo calon mahasiswa pada tahun 2023  jumkah total calon mahasiswa yang memilih UNY sebagai pilihan  tempat kuliah berjumlah 37.566 calon mahasiswa. Adapun rincian pilihan I berjumlah 18.171 peserta dan pilihan II berjumlah 19.395 peserta.  Untuk itu, panitia menyediakan 46 ruang tes yang tersebar di seluruh Fakultas, Layanan Internet Mahasiswa UNY (LIMUNY), LPMPP, Digital Library dan ULB dengan total kapasitas 1.320 orang.

UTBK SNBT UNY gelombang 1 diikuti oleh 14.365 orang dan gelombang 2 diikuti 1.626 orang. Pada pelaksanaan UTBK SNBT Gelombang 1 terdapat 3 orang tunanetra yang mendapatkan lokasi test di Laboratorium IDB Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Materi tes yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika.

Baca Juga FBSB  UNY  Yogyakarta  Persiapkan 5 Prodi Baru.

Salah satu peserta tes, Septiana Ningsih   yang berasal dari SMAN 1 Pajangan . Bantul  mengatakan bahwa dalam ujian kali ini dirinya memilih Program Studi  Sastra Indonesia pada pilihan pertama dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk pilihan kedua.  Untuk itu, dirinya telah mempersiapkan diri dengan melakukan tryout  yang sangat intens.

“ Saya harap dapat diterima dan bisa kuliah di kampus ini.” ujar Septiananingsih.

Sementara itu,  Ketua PMB UNY, Dr. Setya Raharja, M.Pd. menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya atas kontribusi semua pihak yang terlibat dalam persiapan UTBK-SNBT SNPMB Tahun 2023 sehingga perangkat komputer dan sarana penunjang yang lain berjalan dengan baik.

Baca Juga : Sempat Cuti Kuliah , Kepala Dindikpora DIY  Akhirnya Jalani Wisuda S3 di UNY

Demi menyukseskan pelaksanaan UTBK-SNBT SNPMB Tahun 2023 di UNY diantaranya dengan menyediakan komputer yang jumlahnya dilebihkan untuk cadangan bila nanti ada trouble. Sedangkan untuk menghindari kecurangan dari peserta, yang disiapkan pihak UNY adalah sinkronisasi data, menyiapkan security kerjasama dengan kepolisian, dan penggunaan metal detector.

“Dari tahun ke tahun, prioritas keamanan dan kenyamanan pelaksanaaan UTBK selalu ditingkatkan. Demikian juga tahun ini, UTBK yang sekarang istilahnya SNBT, tetap yang menjadi prioritas adalah keamanan dan kenyamanan. Dengan metal detector, dan upgrade komputer yang lebih bagus.  “ ujar Raharja.  (*/SDs )

Komentar